Diperkirakan mencapai 45 persen
Jakarta (ANTARA) - Penataan kawasan di Jakarta Barat sampai saat ini baru mencapai 45 persen sehingga diharapkan dengan kerja sama pihak terkait di daerah itu maka pada akhir tahun ini tuntas 100 persen demi terciptanya kondisi pelayanan maksimal bagi warga. 

"Diperkirakan mencapai 45 persen, mudah-mudahan ini mencapai target karena ini perlu kolaborasi dengan berbagai unit kerja perangkat daerah (UKPD) terkait," kata Wali Kota Jakarta Barat, Yani Wahyu Purwoko saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Menurut Yani, presentase itu dapat dicapai berkat kerja sama antara camat dan lurah dengan suku dinas (sudin) terkait seperti Sudin Sumber Daya Air (SDA), Sudin Pertamanan dan Hutan Kota, Sudin Bina Marga, Sudin Lingkungan Hidup serta Sudin Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP).

Oleh karena itu, Yani mewajibkan seluruh jajaran camat dan lurah memainkan peran sebagai manajer area yang berfungsi memantau pengerjaan infrastruktur seperti perbaikan aspal dan trotoar yang rusak, pembersihan saluran air, pengangkutan sampah hingga perbaikan lampu jalanan.

Baca juga: Pemkot Jakbar pastikan penataan kawasan Kembangan selesai akhir 2022

Dengan koordinasi yang baik antara camat, lurah dan suku dinas terkait, dia yakin seluruh titik penataan kawasan di Jakarta Barat akan selesai pada akhir 2022 ini.

Sebelumnya, seluruh kecamatan saat ini tengah gencar melakukan penataan kawasan di setiap kelurahan.

Salah satu yang sedang berjalan yakni di Kecamatan Kembangan.

Di kecamatan Kembangan tercatat ada lima titik penataan di antaranya Jalan Kembangan Abadi Blok A Kelurahan Kembang Selatan, Jalan Teratai 2 Kelurahan Meruya Utara , Jalan Haji Juhri Kelurahan Meruya Selatan, Taman Lampu Merah Srengseng Kelurahan Srengseng, Kolong Tol Joglo Kelurahan Joglo dan Jalan Kompas RT 007 RW 01 Kelurahan Kembangan Utara.

Baca juga: Pemkot Jaktim bagi tiga zona penataan kawasan Kanal Banjir Timur

Beragam pembenahan yang dilakukan di lima lokasi kelurahan tersebut di antaranya penanaman bibit pohon mangga dari Suku Dinas KPKP Jakarta Barat, perbaikan jalan dan pengadaan penerangan jalan umum oleh Suku Dinas Bina Marga Jakarta Barat di Jalan Kompas, Kelurahan Srengseng.

Selain itu, perbaikan saluran air dan pengangkutan sampah yang bertumpuk-tumpuk di kawasan Jalan Kembangan Abadi, Meruya Selatan.

Camat Kembangan, Joko Suparno mengatakan, penataan ini melibatkan beragam suku dinas terkait dan petugas kelurahan di setiap wilayah.

Dengan kolaborasi tersebut, diharapkan pengerjaan penataan bisa diselesaikan tepat waktu.

Baca juga: Pemkot Jakbar tata infrastruktur kawasan Palmerah

Terkait biaya yang dikeluarkan dalam setiap penataan, Joko tidak bisa menjelaskan dengan rinci.

"Kalau anggaran itu dari masing masing kelurahan berbeda beda. Jadi, tidak terpusat karena pengerjaan juga dilakukan oleh sudin-sudin terkait," kata Joko.

 

Pewarta: Walda Marison
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022