Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham terkait komoditas mengangkat indeks FTSE 100 dibuka lebih tinggi pada Rabu, ketika investor menunggu data aktivitas bisnis Inggris dan risalah pertemuan Federal Reserve AS yang dapat memberikan petunjuk tentang laju pengetatan kebijakan moneter.

Indeks saham unggulan FTSE 100 menguat 0,4 persen, menyentuh tertinggi baru dua bulan. Saham sektor energi melonjak 1,5 persen karena harga minyak mentah naik tipis didorong data yang menunjukkan penarikan minyak mentah AS lebih besar dari perkiraan.

Penambang juga melonjak 2,0 persen, memperpanjang pemulihan pada Selasa (22/11/2022).

Pasar Asia dan Eropa stabil karena investor menunggu rilis risalah pertemuan November Fed di tengah harapan bahwa bank sentral akan beralih ke kenaikan suku bunga yang lebih kecil.

Baca juga: Saham Eropa dekati level tertinggi 3 bulan, pasar tunggu data PMI

Perkiraan aktivitas bisnis Inggris pada November akan dirilis pada pukul 09.30 GMT, dengan angka diperkirakan akan menandakan kontraksi, terpukul oleh inflasi yang menjulang tinggi dan krisis biaya hidup.

Indeks saham berkapitalisasi sedang FTSE 250 yang berfokus di dalam negeri kehilangan 0,3 persen, dengan Johnson Matthey anjlok 7,2 persen setelah pembuat bahan kimia itu melaporkan laba setengah tahunan yang sedikit lebih rendah.

Pets at Home jatuh 3,1 persen setelah pengecer persediaan hewan peliharaan terbesar di Inggris itu melaporkan laba semester pertama yang lebih rendah, dirugikan oleh lonjakan biaya pengiriman dan energi di tengah kenaikan inflasi.

Baca juga: Rubel Rusia menguat jelang tiga lelang obligasi OFZ

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022