Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara menyebutkan umumnya wilayah Sultra cerah hingga berawan.

Koordinator Observasi dan Informasi Bidang Maritim Kendari, Faizal Habibie di Kendari, Senin, menyebutkan prakiraan cuaca yang cerah berawan berlaku hanya pagi antara pukul 08.30 Wita hingga siang hari, dan sore harinya berpotensi hujan sedang disertai kilat dan petir.

"Siang dan sore hari berpotensi hujan sedang hingga lebat dapat disertai petir dan atau angin kencang di beberapa wilayah kabupaten," ujarnya.

Di Kabupaten Konawe, Konawe Utara, Kendari, Konawe Kepulauan, Konawe Selatan, Muna, dan Buton Utara diprediksi hujan sedang dan lebat.

Baca juga: BMKG: Waspadai hujan lebat disertai kilat di 11 wilayah Sultra
Baca juga: Nelayan di Sultra diimbau BMKG waspadai cuaca ekstrem sebelum melaut

Begitu juga akan terjadi hujan ringan di wilayah Kabupaten Kolaka Timur, Bombana, Muna Barat, Buton Tengah, Baubau, Buton Selatan, dan Wakatobi.

Pada malam hari, kata Habibie, juga berpotensi hujan ringan di wilayah kabupaten Kolaka Utara dan Kolaka.

Dan dini hari, pergeseran hujan ringan berpotensi terjadi di wilayah Wakatobi, Konawe Utara, Kendari, Konawe Kepulauan, dan Buton Utara.

Suhu Udara antara 24 - 32 derajat Celsius dengan kelembaban udara antara 65 - 95 persen dengan kecepatan angin dari barat ke utara rata-rata per 2 - 30 kilometer per jam.

Baca juga: Hujan diprakirakan mengguyur sejumlah kota besar di Indonesia

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2022