KNEKS akan terus mendorong upaya kreatif dan proaktif untuk percepatan menuju Indonesia sebagai Global Hub 2024
Bandung (ANTARA) - Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS) mendorong pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk membuka jaringan dan berkolaborasi sebagai upaya memperluas pasar ke tingkat global melalui penyelenggaraan Muslim LifeFair 2022 di Bandung Convention Center, Bandung, Jumat.

Dalam sambutannya Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat menyampaikan hadirnya pameran ini menunjukkan adanya kesadaran yang mulai tertanam di benak pelaku UMKM bahwa Indonesia siap menjadi produsen produk halal utama di pasar global, tidak hanya melulu sebagai konsumen.

Pihaknya mengapresiasi komitmen penyelenggaraan pameran yang konsisten diadakan sejak tahun 2019 , yang terus berperan mendorong pertumbuhan ekosistem UMKM produk halal untuk berorientasi ekspor.

Dia melanjutkan peran UMKM dan Kawasan Strategis Ekonomi (KSE) sangat signifikan untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi Global Halal Hub pada 2024, dengan kemudahan berusaha di KSE, seperti di KPBPB dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

“KNEKS akan terus mendorong upaya kreatif dan proaktif untuk percepatan menuju Indonesia sebagai Global Halal Hub 2024,” kata Emir.

Baca juga: KNEKS terus dorong UMKM naik kelas dan bersaing di tingkat global

Adapun penyelenggaraan pameran ini berhasil memikat sebanyak 230 peserta dari 150 merek, dimana 59 merek diantaranya berasal dari Jawa Barat dan 85 merek dari luar Jawa Barat.

Mengusung tema #NgariungBareng, dari 9 hingga 11 Desember 2022 pengunjung disuguhi beragam produk muslim, mulai dari modest fashion, kosmetik halal, islamic education, hobbies and communities, islamic book & publisher, halal travel, produk anak, properti syariah, penyelenggaraan pernikahan islami, multi product, hingga kuliner halal aman & sehat (KHAS).

Adapun peserta dalam pameran ini juga menghadirkan pelaku bisnis dari jejaring KPMI di mancanegara yaitu Malaysia, Mesir, dan Tunisia.

Lebih lanjut berbagai wahana permainan edukatif tradisional dan Kids Play Ground persembahan AskTarra dan KaktusQulucu menjadi bagian dari hiburan bagi anak-anak yang tersedia dalam pameran ini.

Sebagai informasi Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (BI) mencatat kontribusi ekonomi syariah terhadap perekonomian nasional dari sektor makanan, fesyen, pariwisata, dan pertanian, mencapai 25- 26 persen pada triwulan II 2022, tumbuh sekitar 4,37 persen year on year (yoy).

KNEKS merupakan lembaga non-struktural yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (jokowi) sebagai ketua dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebagai Ketua Harian yang ditujukan untuk menjadikan Indonesia sebagai Pusat Ekonomi Syariah Terkemuka Dunia tahun 2024.

Baca juga: KNEKS: Indeks literasi ekonomi syariah Indonesia 23,3 persen di 2022
Baca juga: Menkeu: Sejumlah daerah akan bangun kawasan industri halal


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022