Tim Indocement Peduli mendirikan Posko Indocement Peduli untuk meringankan beban korban gempa Cianjur pada tahap pemulihan (recovery) dari pelaksanaan tahapan penanggulangan bencana
Bogor, Jabar (ANTARA) - PT Indocement Tunggal Prakarsa bersama Serikat Pekerja Indocement (SP ITP), Ikatan Staf Manajemen Indocement (IMI), Pencinta Alam Indocement (Palindo), dan Koperasi Karyawan Indocement (KKI) yang tergabung dalam Indocement Peduli mendirikan posko bantuan untuk korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Direktur dan Sekretaris PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (HeidelbergCement Group) Antonius Marcos dalam taklimat media di Bogor, Senin, menyebutkan bahwa kolaborasi operasi kemanusiaan itu merupakan kegiatan bernama Indocement Peduli.

"Tim Indocement Peduli mendirikan Posko Indocement Peduli untuk meringankan beban korban gempa Cianjur pada tahap pemulihan (recovery) dari pelaksanaan tahapan penanggulangan bencana," katanya.

Ia menjelaskan bahwa posko Indocement Peduli memberikan bantuan makanan dan sembako, penyediaan fasilitas dan sarana umum sementara, serta pelayanan kesehatan dan pengobatan.

"Tim pendahuluan Posko Indocement Peduli telah melakukan survei pendahuluan pada 30 November 2022, tim ini bertugas untuk melakukan asesmen di beberapa lokasi bencana dan masyarakat terdampak agar bentuk bantuan yang diberikan tetap sasaran dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat terdampak," katanya.

Menurutnya, dari hari survei, Indocement Peduli memutuskan untuk memberikan bantuan di lima titik karena dinilai mengalami kerusakan menengah hingga berat, kemudian masih tersentuh bantuan.
 
Indocement Peduli mendirikan posko bantuan untuk korban gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat, Senin (19/12/2022). (FOTO ANTARA/HO-Indocement)


Lima titik tersebut yaitu Desa Samparad RT 01, RT 02, dan RT 03, Kampung Jamaras, Cugenang, Kabupaten Cianjur yang menjadi posko utama Indocement Peduli. Kemudian, empat titik lainnya masih di Kecamatan Cugenang, yakni Desa Gasol, Desa Talaga, Desa Sukamulya, dan Desa Nyalindung.

Ia menjelaskan Indocement Peduli berlangsung sejak 5-9 Desember 2022 dengan melibatkan sekitar 35 sukarelawan dari karyawan Indocement.

"Total paket sembako yang didistribusikan kepada masyarakat mencapai 540 paket sembako untuk masyarakat empat desa. Pelaksanaan penyerahan paket sembako ini dikoordinasikan tim Indocement Peduli kepada aparat setempat agar penyaluran bantuan dari Indocement sesuai rencana dan tepat sasaran," katanya.

Di samping itu, tim Indocement Peduli juga mendirikan posko kesehatan yang buka selama dua hari penuh. Kemudian, tim bersama dengan Palindo juga menyelenggarakan trauma healing yang diikuti oleh kurang lebih 100 anak korban gempa Cianjur.

"Masyarakat desa juga turut membantu tim Indocement peduli menyiapkan sarana prasarana di Posko Utama Indocement Peduli dalam menyukseskan rencana kegiatan di Desa Sarampad," demikian Antonius Marcos.

Baca juga: Indocement Peduli bantu korban bencana alam di Indonesia

Baca juga: Indocement sediakan 700 porsi makanan di lokasi bencana Bogor

Baca juga: Indocement bantu korban banjir bandang tiga kabupaten di Kalsel

Baca juga: 2 juta liter air bersih disalurkan Indocement selama kemarau 2019

Pewarta: M Fikri Setiawan
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022