Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Layanan Urun Dana Indonesia (ALUDI) memberikan gelar "The Best Performance Platform 2022" pada event Indonesia Crowdfunding Outlook 2022 kepada platfrom securities crowdfunding (SCF) LandX (ICX Bangun Indonesia).

Indonesia Crowdfunding Outlook 2022 dari ALUDI merupakan sebuah event untuk mensosialisasikan seluruh kegiatan securities crowdfunding di Indonesia. Selain memberikan penghargaan, kegiatan tersebut juga memaparkan secara umum performa industri SCF di tahun 2022 dan perencanaannya pada 2023.

Baca juga: LandX kenalkan fitur baru untuk tingkatkan kepercayaan investor

"Penghargaan ini merupakan kerja keras semua komponen dari tim LandX yang selalu mengutamakan kepuasan stakeholder kami, baik untuk para pemodal atau pengguna aplikasi LandX dan para perusahaan UKM penerbit," kata Direktur dan Co-Founder LandX, Romario Sumargo dalam siaran resmi, Rabu.

Salah satu bagian vital yang menjadi keunggulan platform LandX, kata Romario, adalah kemampuan mereka untuk melakukan seleksi ketat saat menentukan perusahaan UKM yang akan mendapatkan dana.

Ia menjelaskan, LandX rata-rata menerima 200 aplikasi perusahaan UKM setiap bulan, namun hanya memberikan penerbitan pada dua hingga tiga perusahaan UKM pada periode itu.

Demi mengutamakan tingkat kesuksesan dari perusahaan UKM penerbit, LandX kini mencatat 89.466 investor, menerbitkan 44 perusahaan UKM, dengan dana yang disalurkan hingga Rp232 miliar serta dividen yang telah dibagikan lebih dari Rp10,7 miliar.

Baca juga: LandX gandeng Moka untuk bantu UMKM jalankan usahanya

"Karena perusahaan penyelenggara SCF memiliki tanggung jawab moral dalam mengawal perusahaan penerbit kepada para pemodal. Dan para pemodal di LandX juga harus memiliki rasa kepercayaan yang baik terhadap perusahaan-perusahaan yang akan mereka investasikan," kata dia.

Salah satu perusahaan UKM penerbit yang tampil mengesankan adalah PT Yukarista Loka Galuhmas (Yellow Car Wash) yang menyabet penghargaan Best Asset Performance 2022 untuk kategori properti pada acara Indonesia Crowdfunding Outlook 2022.

Pemilik Yellow Car Wash cabang Galuhmas Karawang, Alex menyampaikan bahwa capaian itu menjadi salah satu momentum berkesan dan menunjukkan bahwa perusahaan UKM memiliki alternatif pendanaan dalam melakukan ekspansi usahanya.

“Bersama LandX kami juga mendapatkan banyak masukan, arahan dan pengawalan hingga kami bisa ada pada posisi ini. Salah satu syarat wajib yang diterapkan LandX adalah kami harus mengikuti aturan yang berlaku di industri SCF ini, tentu saja untuk memfasilitasi seluruh stakeholder kami, karena keamanan dan keuntungan bagi para investor Yellow Car Wash adalah prioritas utama kami," kata Alex.

Selain itu, LandX juga memastikan perusahaan penerbit UKM harus patuh pada aturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan comply sehingga dapat di daftarkan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

“Pekan ini kami memiliki tiga kabar baik, terpilih sebagai penyelenggara terbaik, salah satu perusahaan penerbit kami juga mendapatkan perusahaan terbaik dengan kategori properti, dan yang terakhir adalah semua perusahaan UKM penerbit LandX telah didaftarkan dan didistribusikan ke KSEI," tutup Romario.



Baca juga: LandX salurkan modal Rp101 miliar untuk UKM

Baca juga: Okinawa Sushi raih pendanaan Rp7 miliar usai bersinergi di LandX

Baca juga: Platform LandX bersama empat UKM bagikan dividen Rp1 miliar

Pewarta: Alviansyah Pasaribu
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022