Jadi, aparat-aparat kita sebar semua
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur (Pemkot Jaktim) mengerahkan sedikitnya 2000 personel gabungan untuk pengamanan Hari Natal dan Tahun Baru 2023 di daerah itu.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar di Jakarta, Rabu, mengatakan personel gabungan itu terdiri dari Petugas Pemerintah Kota Jakarta Timur, TNI-Polri, hingga elemen masyarakat yang ditempatkan di posko-posko pengamanan.

“Jadi, aparat-aparat kita sebar semua. Kita pastikan di titik-titik yang kita anggap rawan ataupun tidak rawan semuanya aman dan nyaman,” katanya.

Anwar menambahkan pihaknya juga telah menggelar apel pengamanan Natal dan Tahun Baru 2023 di Kantor Wali Kota Jakarta Timur.

Baca juga: Ribuan personel disiapkan untuk pengamanan Natal di Jaksel

Dalam apel itu juga dilakukan pengecekan sarana dan prasarana milik Pemerintah Kota Jakarta Timur, seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, mobil pemangkas pohon, mobil derek milik Dinas Perhubungan dan sarana prasarana lainnya.

Nantinya pengamanan personel difokuskan terkait penjagaan sarana dan prasarana dilakukan demi melancarkan perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 agar aman dan nyaman.

Kapolres Metro Jakarta Timur Kombes Pol. Budi Sartono menyampaikan ada sebanyak 212 gereja di Jakarta Timur, yang akan diberikan pengamanan.

Hal itu bertujuan untuk memberikan rasa aman dalam melakukan ibadah.

Baca juga: DLH DKI kerahkan 1.760 petugas jaga kebersihan saat perayaan Natal

Pihaknya juga memastikan akan ada pengecekan standar pengamanan di seluruh gereja.

“Insya Allah kita memberikan keamanan yang maksimal untuk umat Nasrani untuk melaksanakan kegiatan agama,” ujar Budi.

Sementara itu, Dandim 0505/Jakarta Timur Kolonel Arm Yogo Widiatmoko mengatakan bahwa pihaknya menyiapkan sebanyak 1000 personel pada malam Natal dan malam pergantian tahun.

“Untuk Jakarta Timur sendiri nanti pengerahan 1.000 personel untuk mendukung Polri dan Pemkot,” ujar Yogo.

Baca juga: Polres Jakarta Pusat amankan 137 gereja saat perayaan Natal 2022

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022