jangan takut memberikan informasi bila menemukan ada hal mencurigakan
Jakarta (ANTARA) - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) menyambut baik gagasan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo untuk memberdayakan organisasi masyarakat (ormas) dalam pengamanan tempat ibadah pada Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami menilai gagasan Kapolri yang bakal memberdayakan ormas dalam pengamanan tempat ibadah pada malam Natal bagus sekali," kata Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Dr Edi Hasibuan dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Dia yakin gagasan itu akan didukung masyarakat, pemerintah daerah dan juga pasti didukung TNI.

"Segala bentuk gangguan kamtibmas termasuk aksi teror adalah musuh masyarakat. Nah, memberdayakan ormas sangat penting menjaga kamtibmas," katanya.

Baca juga: Pengamanan Natal dan Tahun Baru libatkan 166.791 personel gabungan

Sebelumnya, kata Edi, Polri pernah memberdayakan para ormas di Bali dalam pengamanan agenda G20 yang banyak diapresiasi publik.

"Atas pemberdayaan ormas ini ini, Insya Allah, gangguan keamanan bisa terdeteksi secara dini serta keamanan akan lebih terjamin dan keharmonisan antarumat beragama tentu semakin baik di tengah masyarakat," katanya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo usai rapat terbatas persiapan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 di Kantor Presiden, Jakarta, Senin mengatakan pengamanan Natal yang dilakukan Polri akan melibatkan kerja sama dengan TNI, pemerintah daerah, dan ormas seperti Banser NU, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda (Kokam) Muhammadiyah, GP Ansor dan lainnya.

“Sehingga kemudian ini juga menunjukkan bagian dari proses toleransi yang sangat baik yang ada di Indonesia,” ujar dia.

Baca juga: Heru berpesan Pemprov DKI dan TNI-Polri jalin sinergi jelang Natal

Sementara itu, terkait aksi teror bunuh diri di Polsek Astanaanyar, Bandung, Edi Hasibuan menilai Polri terus kerja keras dan telah menangkap 24 orang.

"Kami ajak seluruh masyarakat dukung terus Densus 88 Anti Teror menangkap dan menindak tegas jaringannya. Kita yakin Polri pasti mampu untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat menjelang Natal dan tahun baru," kata akademisi dari Universitas Bhayangkara Jakarta ini.

Menurut Edi, aksi teror bunuh diri tentu harus dijadikan bahan instrospeksi dalam meningkatkan kewaspadaan.

"Kami ajak masyarakat bantu Polri menjaga keamanan dan jangan takut memberikan informasi bila menemukan ada hal mencurigakan," katanya.

Pewarta: Santoso
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2022