Hari ini saya turun ke lapangan di Kota Jambi membagikan sertifikat tanah kepada warga, saya memastikan permasalahan di lapangan terutama apakah ada penyelesaian sertifikat ini yang dikenakan biaya
Jambi (ANTARA) - Menteri Agraria Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional Hadi Tjahjanto secara "door to door" membagikan sertifikat tanah kepada warga di Kelurahan Arab Melayu, Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi.

" Hari ini saya turun ke lapangan di Kota Jambi membagikan sertifikat tanah kepada warga, saya memastikan permasalahan di lapangan terutama apakah ada penyelesaian sertifikat ini yang dikenakan biaya," katanya di Jambi, Kamis (22/12) 2022.

Ia langsung memastikan kepada semua penerima sertifikat tidak ada penarikan biaya atas kepengurusan sertifikat.

Di Kelurahan Arab Melayu Kecamatan Pelayangan , Kota Jambi ini secara simbolis terdapat 10 warga yang menerima sertifikat langsung dari Menteri ATR/BPN.

" Ternyata semua penerima menyampaikan gratis," katanya.

Dalam penyerahan sertifikat tanah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL) ini, Menteri ATR juga berpesan kepada warga yang menerima gara menjaga dengan baik sertifikat tanah yang sudah didapat.

"Karena sangat berharga, nilai atas tanah ada di situ," katanya.

Dia juga mengingatkan kepada warga jika ingin menjadikan sertifikat tanah sebagai agunan, maka sebaiknya untuk kebutuhan yang produktif . Serta meminjam atau mengagunkan sertifikat di jasa keuangan berizin resmi.

" Jangan sampai pinjam uang di bank gadai sertifikat untuk kebutuhan konsumtif, untuk usaha silakan agar nanti bisa membayar bulanannya," terangnya.

Menteri ATR/BPN juga mengakui kegembiraan warga di Kota Jambi setelah menerima sertifikat tanah tersebut.

" Masyarakat senang sekali," katanya usai penyerahan sertifikat tanah.

Penyerahan sertifikat tanah ini juga dihadiri oleh Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni, Gubernur Jambi Al Haris, Wakil Wali Kota Jambi Maulana, Anggota Komisi II DPR RI Ihsan Yunus, Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto.

Baca juga: Menteri ATR/BPN selesaikan konflik tanah SAD dengan perusahaan sawit

Baca juga: Jambi terima 82.121 sertifikat tanah untuk rakyat

Baca juga: Jaksa Agung maksimalkan operasi intelijen dalam tangani mafia tanah

Baca juga: Warsi dorong pemerintah finalkan peta tanah gambut

Pewarta: Tuyani
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022