Jakarta (ANTARA) - Kawasan wisata La Riviera Holiday Festive di Pantai Indah Kapuk 2, Kabupaten Tangerang, Banten, dikunjungi sebanyak 4.363 pengunjung dari pukul 10.00 WIB hingga 15.00 WIB pada hari ini, Sabtu (24/12), atau H-1 Hari Raya Natal 2022.

Data yang didapat oleh Antara dari pengelola kawasan, sebanyak 2.104 pengunjung masuk dari lobby timur, sebanyak 1.103 pengunjung masuk dari lobby utara, dan sebanyak 2.104 pengunjung masuk dari lobby selatan.

Salah satu petugas keamanan Nurhaliman (22) menyampaikan kawasan wisata ini buka dari pukul 15.00 WIB hingga 23.00 WIB pada weekday, serta pukul 10.00 WIB hingga 23.00 WIB pada akhir pekan (weekend).

"Hari biasa dari pengelola minta dari jam 15.00 WIB. Balik lagi ke yang jualan, kalau yang jualan buka jam 12.00 WIB, ya silakan. Kalau dari pengelola dari jam 15.00 WIB sampai 23.00 WIB," kata Nurhaliman.

Dia menjelaskan untuk masuk ke kawasan wisata La Riviera Holiday Festive ini pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. Selain itu, pengunjung yang menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun motor tidak akan dikenakan biaya parkir, alias gratis juga.

Lebih lanjut, dia mengingatkan, kawasan wisata ini menerapkan sistem pembayaran non tunai, terutama menggunakan QRIS, yang artinya tidak menerima pembayaran uang tunai.

"Memang kalau disini fokusnya pembayaran non tunai," kata Nurhaliman.

Baca juga: Pokemon Festival Jakarta dimulai, para monster "mengintai" di PIK

Dia menjelaskan bahwa puncak kedatangan pengunjung biasanya dari sore hari ke malam hari, tepatnya dari pukul 16.00 WIB hingga 21.00 WIB.

"Puncak ramainya dari sore ke malam," kata Nurhaliman.

Sedangkan, salah seorang pemilik tenant yang berjualan surabi dan telur gulung, Iwan (43), menyampaikan bahwa pada akhir pekan bisa mendapatkan omzet mencapai Rp5 juta hingga Rp6 juta per harinya.

"Omzet di weekend mencapai 5 hingga 6 juta. Ramainya dari sore ke malam, sampai orang-orang jalan di depan itu (depan tenant miliknya) susah," kata Nurhaliman.

Sebagai informasi, La Riviera Holiday Festive merupakan kawasan wisata dengan konsep bangunan, sungai hingga kanal mirip di Belanda, juga dilengkapi dengan perahu, yang mana pengunjung disuguhi atmosfer Eropa saat berjalan menyusuri jalanan yang sebelah kanan dan kiri berbaris pertokoan.

Untuk mencapai lokasi ini, dari Kota Jakarta, pengunjung bisa naik transportasi umum yaitu bus Transjakarta kode 1A, kemudian turun di Pantjoran PIK, dan melanjutkan dengan naik ojek online, atau bisa juga langsung menggunakan kendaraan pribadi.

Selain La Riviera Holiday Festive, di Pantai Indah Kapuk (PIK) 2 terdapat kawasan wisata pantai pasir putih yang terkenal, tetapi sejak Juli 2022 hingga saat ini kawasan tersebut masih dalam tahap renovasi.

Salah seorang petugas keamanan di kawasan tersebut menyampaikan wisata pantai pasir putih kemungkinan dibuka lagi pada April atau Mei 2023.

Baca juga: Destinasi One-stop Shopping Ramah Lingkungan Kini Hadir di Golf Island PIK

Baca juga: Sumpah Pemuda, 1.028 bibit mangrove ditanam di Elang Laut PIK


Pewarta: Muhammad Heriyanto
Editor: Satyagraha
Copyright © ANTARA 2022