Pariaman (ANTARA) -
Kepolisian Resor Kota Pariaman, Sumatera Barat, memberikan bantuan kepada korban bencana angin puting beliung di Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman yang terjadi pada Kamis (29/12) sekitar pukul 20.30 WIB.
 
"Kami berduka cita atas kejadian semalam. (Oleh karena itu) setelah mendengar kabar dari Kepolisian Sektor Sungai Limau terjadi bencana angin puting beliung, kami segera hadir memberikan bantuan sembako," kata Kapolres Pariaman AKBP Abdul Azis saat memberikan bantuan di Sungai Limau, Jumat.
 
Ia mengatakan bantuan tersebut untuk meringankan beban korban bencana. Bantuan tersebut berupa beras, telur, minyak goreng, gula, dan mi instan.

"Data penerima bantuan sembako tersebut diambil dari laporan dari wali nagari setempat," katanya.

Baca juga: 17 rumah di Padang Pariaman dihantam angin puting beliung

Abdul Azis mengatakan akibat bencana itu sejumlah rumah rata dengan tanah dan dua anak di daerah itu mengalami luka ringan di bagian kepala akibat ditimpa material bangunan.
 
Pada kesempatan itu, ia bersama aparat kepolisian lainnya juga mengunjungi anak yang mengalami luka di rumah pengungsian sementara.
 
Sementara itu, Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur mengapresiasi Polres Pariaman yang cepat memberikan bantuan untuk korban bencana puting beliung.
 
"Terima kasih Pak Kapolres yang gerak cepat membantu korban bencana. Rencana aksi kita (membantu korban) besok tetapi Pak Kapolres telepon untuk menyalurkan bantuan sekarang," katanya.

Baca juga: Angin puting beliung rusak belasan rumah warga di Kabupaten Madiun

Pada kesempatan itu Pemkab Padang Pariaman juga menyalurkan bantuan untuk korban. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat membantu mengurangi beban korban baik moril maupun materiil.
 
Sebelumnya, sebanyak 17 rumah dan sebuah mushalla di Korong Lembak Pasang Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, dihantam angin puting beliung pada Kamis (29/12) sekitar pukul 20.30 WIB.
 
"Kondisi rumah warga ada yang rusak berat dan ringan, juga ada yang roboh total," kata Bupati Padang Pariaman Suhatri Bur saat mengantarkan bantuan untuk korban di Sungai Limau.

Baca juga: Puluhan rumah di Imogiri Bantul rusak terdampak angin puting beliung
 
Meskipun tidak menimbulkan korban jiwa, kata dia, akibat bencana itu warga mengalami luka ringan dan trauma. "Kami berharap kehadiran kami dapat membantu mengurangi beban warga terdampak bencana," katanya.

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022