Jakarta (ANTARA) - Kepala Bidang Pengembangan Profesi Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia Masdalina Pane mengatakan, sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) perlu terus ditingkatkan pada tahun 2023.

"Sosialisasi Germas perlu terus ditingkatkan agar membudaya di tengah masyarakat," kata Masdalina Pane ketika dihubungi di Jakarta, Sabtu.

Baca juga: Epidemiolog: Hari Diabetes Sedunia momentum perkuat sosialisasi Germas

Peneliti Pusat Riset Kesehatan Masyarakat Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) itu mengatakan, melalui penguatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat diharapkan warga semakin menyadari pentingnya pencegahan penyakit melalui gaya hidup sehat.

"Masyarakat harus terus diingatkan agar pemahaman dan kesadarannya makin meningkat mengenai pentingnya gaya hidup bersih dan sehat, karena mencegah penyakit lebih baik dibanding mengobati," katanya.

Baca juga: Peneliti: Hari Jantung Sedunia momentum perkuat sosialisasi Germas

Masdalina Pane menjelaskan, Germas meliputi sejumlah langkah antara lain melakukan aktivitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala, menjaga kebersihan lingkungan dan menggunakan jamban.

"Agar masyarakat menerapkan langkah-langkah tersebut maka perlu sosialisasi, edukasi dan juga penguatan fasilitas dari pemerintah misalkan memperbanyak sarana dan prasarana olahraga," katanya.

Baca juga: Lucy Kurniasari bersama Kemenkes gelar sosialisasi Germas di Surabaya

Menurutnya, dengan sosialisasi yang masif dan menyeluruh diharapkan masyarakat menyadari manfaat melakukan aktivitas fisik, mengonsumsi makanan bergizi seimbang hingga melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin.

"Pembudayaan Germas bertujuan untuk mengutamakan paradigma sehat yang promotif dan preventif agar masyarakat makin produktif," katanya.

Baca juga: Pemkot Pangkalpinang sosialisasi pencegahan infeksi virus corona

Mengingat pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, kata dia, maka penguatan sosialisasi dan edukasi harus menjadi prioritas pada tahun 2023.

Sementara itu, Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan Kemenko PMK Agus Suprapto mengatakan Kemenko PMK turut berperan aktif dalam menyosialisasikan pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat.

Agus Suprapto menjelaskan bahwa pemerintah terus menggencarkan kampanye Germas sesuai dengan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. T.W004

Baca juga: Membudayakan Germas guna meningkatkan kualitas hidup
Baca juga: Kemenko PMK ajak masyarakat cegah hipertensi melalui penerapan Germas


Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2022