Kita melihat jalan yang lebih halus, pengaturan stabilisasi dengan cukup cepat, dan stabilisasi pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia dibantu oleh pembukaan kembali ekonomi Tiongkok
Jakarta (ANTARA) - Kepala Ekonom Asia The Hong Kong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) Frederic Neumann mengatakan pembukaan kembali ekonomi Tiongkok akan mendongkrak perekonomian Asia.

"Kita melihat jalan yang lebih halus, pengaturan stabilisasi dengan cukup cepat, dan stabilisasi pertumbuhan ekonomi negara-negara Asia dibantu oleh pembukaan kembali ekonomi Tiongkok," ujar Frederic dalam media briefing "Asian Outlook 2023" yang dipantau secara daring di Jakarta, Senin.

Menurut dia, 2023 diwarnai oleh pengetatan kebijakan moneter sebagai respons atas meningkatnya tekanan inflasi di seluruh Asia dan dunia, khususnya respons dalam bentuk menaikkan suku bunga acuan.

Oleh karenanya, pembukaan kembali ekonomi Negeri Panda itu membantu lebih banyak wilayah di Asia dalam segi perdagangan lantaran Tiongkok merupakan mitra dagang terpenting bagi banyak ekonomi Asia. Dengan begitu meski negara-negara maju lainnya tidak pulih dengan cepat, pembukaan ekonomi Tiongkok akan membantu siklus perdagangan regional hingga pariwisata.

Tak hanya itu, Frederic turut menilai pembukaan kembali ekonomi Tiongkok akan mendukung pasar komoditas beberapa negara di Asia dan Pasifik, seperti Australia, Selandia Baru, dan Indonesia.

Selain berkat pemulihan ekonomi Tiongkok, faktor lainnya yang membantu stabilisasi ekonomi Asia adalah tekanan inflasi yang lebih rendah sehingga memungkinkan bank-bank sentral di seluruh Asia untuk mengetatkan kebijakannya paling lambat sampai pertengahan tahun ini.

"Asia tidak memiliki bank sentral yang terus memperketat kebijakannya melampaui kuartal kedua tahun ini. Penghentian kebijakan moneter itu benar-benar akan memberi kita ruang bernapas selama paruh kedua tahun ini," tuturnya.

Kemudian, kata dia, tren relokasi penanaman modal asing yang terus berlanjut pun akan memperkuat ekonomi kawasan Asia, khususnya ke Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Investasi asing langsung ke tempat-tempat seperti Vietnam, Malaysia, Singapura, dan India tetap akan sangat kuat, bahkan jika lingkungan pertumbuhan global cukup lemah. Dengan demikian tren tersebut merupakan bukti daya saing manufaktur yang sedang berlangsung di Asia.

Baca juga: HSBC proyeksi IHSG RI tembus 7.640 pada akhir 2023 ditopang komoditas

Baca juga: Perbankan multinasional apresiasi transisi energi prioritas RI di G20

 

Pewarta: Agatha Olivia Victoria
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023