Jakarta (ANTARA) - Petenis putri Indonesia Aldila Sutjiadi berhasil melaju ke babak ketiga atau mengamankan tempat di 16 besar besar ganda turnamen major Australian Open 2023 di Melbourne Park, Melbourne, Jumat.

Aldila, yang berpasangan dengan petenis Jepang Miyu Kato, mengalahkan pasangan petenis Kolombia Camila Osorio dan petenis Ceko Marie Bouzkova dengan melewati tiga set yang panjang untuk memenangi pertandingan 6-3, 6-7, 6-3.

Aldila/Kato melalui set pertama dengan mudah. Namun, hal itu tidak terjadi di set kedua. Duet Indonesia - Jepang itu tertinggal pada posisi 3-5 dari Bouzkova/Osorio.

Tak ingin menyerah begitu saja, Aldila/Kato berhasil menahan Bouzkova/Osorio hingga kedudukan 6-6. Namun, pukulan Aldila yang menyangkut di net memaksa dia dan rekannya untuk memainkan set penentu.

Baca juga: Aldila Sutjiadi pertama kalinya masuk unggulan Australian Open 2023
Baca juga: Sabalenka kalahkan Rogers untuk buktikan diri di Australian Open


Pada set ketiga, Bouzkova/Osorio lebih dulu memimpin dengan mengambil gim pertama. Aldila/Kato berhasil menyamakan kedudukan 1-1 tetapi perjalanan kedua untuk menyelesaikan pertandingan tidak berjalan mulus ketika Bouzkova/Osorio menahan untuk mengejar ketertinggalan dengan 3-5.

Pukulan Aldila yang tak mampu dikembalikan dengan baik oleh Osorio akhirnya menutup pertandingan dengan kemenangan di tangan unggulan ke-16 tersebut.

Berhasil melangkah ke babak ketiga atau masuk 16 besar Grand Slam merupakan hasil terbaik Aldila sejauh ini dalam berlaga di turnamen major.

Pada 2022, Aldila mengikuti empat turnamen Grand Slam untuk nomor ganda. Terhenti pada babak pertama Australian Open, Aldila melangkah hingga babak kedua di Rolland Garros.

Selanjutnya, di Wimbledon dia terhenti pada babak pertama. Namun, Aldila memiliki catatan lebih baik pada US Open Aldia dengan melangkah hingga babak kedua.

Baca juga: Murray ukir kemenangan pada laga yang berlangsung sampai dini hari
Baca juga: Djokovic atasi perlawanan Couacaud untuk tembus putaran ketiga

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023