Bibit ini langsung dibagikan ke seluruh kecamatan
Jakarta (ANTARA) - Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono menyerahkan enam ribu bibit cabai kepada seluruh kecamatan untuk ditanam di enam wilayah administrasi dalam upaya menjaga ketahanan pangan.

"Bibit ini langsung dibagikan ke seluruh kecamatan," kata Heru saat menanam bibit cabai di Duren Sawit, Jakarta Timur, Selasa.

Selain cabai, juga diserahkan empat ribu bibit terong yang dilakukan bersama dengan Kostrad TNI Angkatan Darat.

Beberapa di antara ribuan bibit tanaman pangan itu ditanam di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Duren Sawit, Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur.

Nantinya, bibit yang tumbuh dan dapat dipanen itu hasilnya bisa diberikan kepada warga.

Baca juga: DKI Jakarta gencarkan pertanian perkotaan

Tidak hanya ditanam di RPTRA, bibit-bibit tersebut juga akan ditanam di sejumlah lokasi taman hasil penataan kawasan.

Adapun bibit tersebut akan ditanam oleh petugas penanganan prasarana sarana umum (PPSU) di sejumlah lokasi yang membutuhkan penghijauan.

"Masing-masing RPTRA berbeda-beda. Ada yang luasnya seperti ini, lebar, bisa memungkinkan menanam tanaman produktif. Ada juga RPTRA yang tidak. Kita lihat saja. Jumat ini saya mau ke Jakarta Selatan, untuk melihat dua hingga tiga titik, saya mau lihat (kondisinya)," imbuh Heru.

Selain ingin menyukseskan program pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan, penanaman tanaman pangan itu juga memberikan semangat kepada masyarakat agar ikut menanam tanaman produktif di lingkungannya.

"Kepada seluruh masyarakat untuk menyukseskan program pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan. Juga, mengajak dan memberikan semangat kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Wali Kota Jakut sosialisasikan manfaat program pertanian perkotaan

Penanaman bibit cabai itu juga diharapkan sebagai salah satu upaya mendukung pertanian perkotaan.

Selain itu, memberikan kemandirian pangan kepada masyarakat guna menyiasati potensi kenaikan harga dari komoditas pertanian yang kerap mengalami fluktuasi harga karena cuaca ekstrem.

Sementara itu, penyerahan simbolis bibit tanaman dilaksanakan di RW 09 Kelurahan Karet Tengsin oleh Penjabat Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi DKI Jakarta, Mirdiyanti dan Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Gabungan Kostrad, Uli Simanjuntak.

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023