Jakarta (ANTARA) - Rapid Chess Tournament atau turnamen catur cepat yang diselenggarakan oleh Lembaga Management Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Indonesia (LM FEB UI) turut dihadiri oleh pecatur dunia bergelar Grand Master (GM) hingga Woman International Master (WIM).

GM dan WIM yang hadir dalam turnamen yang digelar di UI Salemba Jakarta, Selasa (24/1) lalu adalah Novendra Priasmoro sebagai GM termuda Indonesia yang berusia 23 tahun dan WGM/IM Medina Warda Aulia, Woman Grand Master Dewi Ardhiani Anastasia Citra, IM Yoseph Theolifus Taher, IM Gilbert Elroy Tarigan, dan WIM Dita Karenza.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, pertandingan catur yang merupakan rangkaian acara HUT ke-60 LM FEB UI ini bertujuan untuk memperkaya keahlian para pemain dan meningkatkan minat penonton terhadap catur.

Pemilihan turnamen catur sebagai salah satu kegiatan yang diadakan oleh LM FEB UI, didasari oleh potensi Indonesia yang sangat besar dalam permainan catur tingkat dunia.

Turnamen yang terdiri dari lima babak ini merupakan kerja sama dengan Percasi, sebagai pihak yang mengatur teknis pertandingan agar sesuai dengan standar Federasi Catur Dunia (FIDE).

Pada babak akhir, terjadi permainan sengit di meja GM Novendra Priasmoro dan WGM/IM Medina Warda Aulia serta di meja IM Gilbert Elroy Tarigan dan Muliadi Widjaja.

GM Novendra Priasmoro keluar sebagai Juara 1 dengan skor PTS 4 BH 18.5 SB 14.5 FIDE 13.5, dilanjutkan dengan IM Yoseph Theolifus Taher yang mendapat Juara 2 dengan skor PTS 4 BH 16 SB 12 FIDE 12.5, dan IM Gilbert Elroy Tarigan sebagai Juara 3 dengan skor PTS 4 BH 15 SB 11 FIDE 12.

Terpilih pula Juara Favorit untuk pecatur lokal yang dimenangkan oleh Muliadi Widjaja yang merupakan salah satu Dosen Ilmu Ekonomi FEB UI.

Ketua Bidang Pertandingan dan Perwasitan PB PERCASI Agus Subandrijo mengapresiasi kegiatan yang telah dilakukan dan berharap turnamen ini bisa menjadi tonggak awal yang dapat membuka berbagai peluang positif bagi kemajuan permainan catur di lingkungan perguruan tinggi, terutama di Universitas Indonesia.

Baca juga: MPR targetkan ratusan pecatur ikuti turnamen Indonesia Master III
Baca juga: GM Utut Adianto bertekad perbanyak turnamen catur di Asia Tenggara

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023