Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus menggenjot cakupan vaksinasi pada ternak untuk meningkatkan kekebalan dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK).

"Tercatat, sebanyak 369 ekor telah divaksinasi PMK sejak 11 Januari 2023. Adapun target vaksinasi PMK serentak yang akan dilaksanakan selama minggu keempat Januari 2023 adalah sebanyak 320 ekor," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (KPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu.

Eli mengatakan, Jakarta merupakan daerah yang sudah tidak ada lagi pelaporan kasus PMK, namun upaya pencegahan masuknya PMK harus tetap diperkuat. Salah satunya yang utama adalah dengan peningkatan cakupan vaksinasi PMK.

"Dinas KPKP DKI Jakarta berkolaborasi dengan instansi terkait untuk melaksanakan pengawasan dan Komunikasi Informasi dan Edukasi (KIE) kepada para pelaku usaha peternakan," ujar Eli.

Baca juga: DKI gencarkan vaksinasi hewan untuk cegah PMK
 
Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (DKPKP) DKI Jakarta Suharini Eliawati. ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna/aa.
Dikatakan Eli, sapaan akrabnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga melakukan pengawasan dan pemantauan ketat terkait lalu lintas ternak agar memenuhi prosedur protokol lalu lintas hewan dan produk hewan rentan PMK.

"Selain itu harus diperkuat 'biosecurity' terutama dalam pengendalian lalu lintas hewan dan produk hewan rentan PMK," kata Eli.
 
Pemprov DKI Jakarta mengimbau masyarakat terutama para pelaku usaha peternakan untuk berperan serta dalam upaya pengendalian PMK.
"Dengan meningkatkan 'biosecurity' peternakan dan melaporkan sedini mungkin jika ditemukan ternak yang sakit dan dicurigai PMK," tutur Eli.

 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023