Tabalong (ANTARA) - Atlet lompat jauh asal Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan, Winney Maharati Ruung segera mengikuti pelatihan di Australia yang dijadwalkan pada Maret 2023.

Winney terpilih mengikuti pelatihan setelah meraih juara nasional cabang lompat jauh pada National Championship di Stadion Madya Gelora Bung Karno Jakarta pada 11-13 Januari 2023.

"Saat ini Winney menyiapkan diri dengan latihan rutin untuk mengikuti trainning ke Australia," kata pelatih dari PASI Kabupaten Tabalong Gajali Rahman di Tabalong, Sabtu.

Dengan lompatan 4,93 meter pada ajang nasional lalu, Winney meraih predikat terbaik dan berhak mengikuti pelatihan ke Australia bersama atlet terbaik nasional lainnya.

Kini Winney menjalani latihan rutin tiga kali dalam seminggu di halaman SMP Plus Kecamatan Murung Pudak dengan didampingi pelatih.

"Pulang sekolah saya langsung latihan, tiga kali seminggu agar bisa mencapai lompatam lima meter," ungkap Winney yang masih berstatus pelajar di SMA Negeri 1 Tanjung.

Saat latihan, Winney bisa menembus lompatan 4,97 meter dan berharap melalui latihan rutin bisa mencapai target lompatan lebih jauh.

Prestasi Winney yang mengharumkan Kabupaten Tabalong hingga tingkat nasional juga mendapat apresiasi dari pemerintah daerah.

"Rencananya kita menyiapkan bonus untuk Winney dan memfasilitasi keberangkatannya menuju Australia," Kabid Olahraga Disporapar Kabupaten Tabalong Syaidul Ansyari.

Selama berlatih di Australia, Syaidul mengatakan semua kebutuhan atlet termasuk Winney menjadi tanggung jawab panitia penyelenggara namun Pemkab Tabalong juga akan memberikan dukungan.

Sebelum maju ke tingkat nasional Winney memecahkan rekor nasional pada cabang olahraga lompat jauh Energen Champion SAC Indonesia 2022 kualifikasi Kalimantan di Kota Banjarmasin.

Dengan lompatan sejauh 4,7 meter Winney melampaui hasil kualifikasi di Bali dengan 4,39 meter dan kualifikasi Yogyakarta dengan 4,20 meter.

Selanjutnya putri pasangan Yuliani dan Abram Ruung ini maju ke tingkat nasional pada 11-13 Januari 2023 dan meraih predikat terbaik dengan lompatan 4,93 meter.


Baca juga: Maria Londa buktikan masih terbaik di nomor lompat jauh putri
Baca juga: Pemecahan rekor warnai SAC Indonesia kualifikasi Kalimantan
Baca juga: Pemecahan rekor warnai SAC Indonesia kualifikasi Kalimantan

Pewarta: Imam Hanafi/herlinalasmianti
Editor: Dadan Ramdani
Copyright © ANTARA 2023