Kami ingin STC mengangkat potensi daerah pada sektor perikanan, kemaritiman, pariwisata dan seni budaya daerah di Papua
Biak, Papua (ANTARA) - Sail Teluk Cenderawasih (STC) 2023 yang digagas Pemerintah Provinsi Papua dengan melibatkan empat kabupaten pendukung yakni Biak Numfor, Yapen Kepulauan, Waropen dan Kabupaten Sarmi membuka potensi perikanan kelautan serta sektor pariwisata daerah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Kami ingin STC mengangkat potensi daerah pada sektor perikanan, kemaritiman, pariwisata dan seni budaya daerah di Papua, " kata Wakil Bupati (Wabup) Waropen, Kamek Maniagasi saat dihubungi di Jakarta dari Biak, Ahad (5/2) 2023.

Kabupaten Waropen, kata dia, memromosikan berbagai potensi kekayaan sumber daya alam perikanan, pariwisata, seni budaya serta mengangkat perekonomian pelaku usaha kecil dalam ajang STC 2023 itu.

Pemerintah Kabupaten Waropen, kata dia, mengandalkan potensi perikanan jenis kepiting dan udang untuk kegiatan ekspor Sail Teluk Cenderawasih pada November 2023.

Dalam ajang STC 2023, kata dia, empat kabupaten pendukung yakni Biak, Yapen Kepulauan, Waropen dan Kabupaten Sarmi sepakat tidak hanya sekadar acara seremonial saja dan harus bisa mengangkat potensi daerah pada sektor kemaritiman, pariwisata dan seni budaya daerah Papua. 

Wabup mengharapkan program kegiatan STC 2023 dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat lokal di empat kabupaten tersebut.

Ia berharap STC 2023 di Kabupaten Biak Numfor dapat meningkatkan kunjungan wisatawan serta pemerintah terus berkomitmen membantu penyelenggaraan STC 2023 karena sangat berpeluang membuka ekonomi baru bagi warga Papua. 

Berbagai potensi dimiliki Biak Numfor seperti perikanan dan kelautan, pariwisata, pertanian serta peternakan punya prospek ke depan sehingga dalam STC 2023 Biak mengusung tema "Memantapkan Kedaulatan Maritim Indonesia di Pasifik" dengan tagline "Torang Hebat".

STC Biak Numfor didukung langsung dari berbagai elemen masyarakat, organisasi kemasyarakatan nusantara, pemuka agama, tokoh adat. 

Dalam pameran STC 2023 dilakukan pameran hasil produk pelaku usaha dari Biak, Yapen Kepulauan, Waropen dan Kabupaten Sarmi di kawasan bisnis Sarinah Jakarta Pusat, pada 3-4 Februari 2023. 

Baca juga: Sail Teluk Cenderawasih 2023 jadi ajang sejahterakan warga Papua

Baca juga: Nabire siapkan destinasi wisata unggulan Sail Teluk Cenderawasih

Baca juga: Kemenko Kemaritiman dukung Sail Teluk Cenderawasih 2022

Baca juga: STC 2023 upaya jadikan Papua pintu terdepan RI di kawasan Pasifik

Pewarta: Muhsidin
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023