Makassar (ANTARA) - Sebanyak 22 mahasiswa dari Yala Rajabhat University, Thailand mengikuti proses belajar di Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Sulawesi Selatan selama sebulan ke depan.

Rektor Unismuh Makassar Prof Ambo Asse dalam keterangannya di Makassar, Selasa, mengatakan puluhan mahasiswa itu telah terdaftar ijin belajarnya di PDPT-DIKTI dan resmi menjadi mahasiswa asing di Unismuh Makassar.

Mereka bahkan sudah terlibat langsung pada saat Opening Ceremony Academic and Cultural Heritage (MACCA) 2023, yang dirangkaikan dengan kuliah umum yang digelar di Balai Sidang Muktamar 47 Unismuh Makassar.

“Selamat datang kepada para tamu kita dari Yala Rajabhat University. Alhamdulillah, kedatangan ananda tentu membawa manfaat di Unismuh Makassar, dan mudah-mudahan juga bisa memperoleh manfaat dari Unismuh Makassar,” ucap Prof Ambo.

Baca juga: Unismuh Makassar jajaki kerja sama pengembangan pendidikan dengan AS

Baca juga: Haedar Nashir: Muhammadiyah Sulsel ikuti spirit pembaruan Ahmad Dahlan


Ia mengatakan, di Unismuh terdapat 51 program studi termasuk program seperti Ma’had Al-Birr, juga pesantren mahasiswa untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK).

Prof Ambo berharap mahasiswa dari Thailand dapat masuk pada program studi sesuai bidangnya, dan program ini akan berlangsung selama satu bulan.

Ia menjelaskan, selama 12 hari di Makassar, kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi empat garis besar.

Pertama, Cultural visit (kunjungan ke tempat historis Bugis-Makassar). Kedua, Sit-in Class dan Ketiga yakni Invited guest lecture. Terakhir, Belajar BIPA, tarian adat, dan community development.

Seluruh kegiatan dilaksanakan menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Melayu.

Sementara itu, salah satu dosen Yala Rajabhat University Manavavee Mamah MA, mengatakan mahasiswa yang datang hari ini berasal dari tiga jurusan dari Yala Rajabhat University, yakni jurusan Bahasa Melayu, jurusan Bahasa melayu untuk Bisnis, dan juga Bisnis Antar Bangsa.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Unismuh dengan sambutan yang dilakukan pada hari ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Unismuh karena sambutan yang luar biasa pada hari ini. Saya juga berharap hal ini dapat bermanfaat bagi kita semua,” imbuhnya.

Baca juga: Unismuh-GCS Singapura bahas kerja sama peningkatan mutu pendidikan

Baca juga: Unismuh-Universiti Utara Malaysia kolaborasi pengembangan pendidikan
​​​​​​​

 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2023