Jakarta (ANTARA) - Tim balap Scuderia Ferrari semakin mantap menghadapi Formula 1 musim 2023 dengan mobil terbarunya, SF-23, yang diungkap dalam peluncuran perdana di Maranello, Italia, Selasa WIB.

"Ada tanggung jawab yang besar bagi tim untuk mensukseskan ini dan semuanya berjalan lancar. Kami memberikan usaha keras untuk proyek ini, dan kami merasa bangga dengan apa yang tim lakukan di musim ini untuk meningkatkan performa melalui SF-23," kata Kepala Tim Scuderia Ferrari Frederic Vasseur dalam peluncuran yang digelar hibrida.

Adapun SF-23 dibangun di atas kemajuan yang dibuat tim dengan F1-75 tahun lalu, yang memenangkan empat balapan dan mengamankan 12 pole position.

Vasseur mengatakan dirinya optimistis menyambut musim 2023 dengan SF-23. Sebelumnya, ia menargetkan tim untuk berdiri di podium tertinggi di Formula 1 musim 2023.

Baca juga: Ferrari ungkap nama mobil baru untuk F1 2023, model masih rahasia
Baca juga: Ferrari bidik gelar juara di Formula 1 musim 2023


Menurutnya, tim memiliki segalanya yang dibutuhkan untuk dapat menjuarai kompetisi tersebut, baik dari sisi tim teknis, pebalap, dan mobil.

"Kami siap untuk musim ini dengan pembaruan baru di mobil ini dibandingkan model 2022," tegas Vasseur.

Mobil baru Ferrari terlihat megah dan berani dengan warna merah -- warna yang menjadi ciri khas dari tim. SF-23 pun nantinya akan dikemudikan oleh Charles Leclerc dan Carlos Sainz.

"Tampilannya sangat berani dan keren. Ada impresi berkendara yang berbeda ketika kami berada di balik kemudi," kata Sainz.

"Mobilnya memiliki banyak power, dan rasanya sangat menyenangkan ketika mengendarainya... Peluncuran ini juga terasa sangat spesial, karena diluncurkan di Maranello bersama para penggemar. Rasanya menyenangkan bisa melihat penggemar dengan semangat mereka," imbuh Leclerc.

Baca juga: Alonso sadar awal musim berat tapi yakin Aston Martin alami progres
Baca juga: Musim 2023, Red Bull andalkan RB19 dan Verstappen-Perez

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023