Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris menguat pada awal perdagangan, Senin, ditopang kenaikan ekuitas pertambangan karena bertaruh pada pemulihan permintaan di konsumen utama China dan peritel Frasers Group melonjak setelah mengumumkan pembelian kembali saham.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 terkerek 0,1 persen pada pukul 08.25 GMT, menjadi diperdagangkan di atas angka psikologis 8.000 poin setelah menembus rekor tertinggi minggu lalu.

Frasers Group melonjak 3,8 persen setelah perusahaan peritel perlengkapan olahraga tersebut mengatakan akan memulai program pembelian kembali saham baru, dikutip dari Reuters.

Industri penambang logam memimpin di awal sesi, naik 0,7 persen karena investor dan pedagang bertaruh pada pemulihan permintaan dari konsumen utama China di tengah dukungan dari gangguan pasokan pertambangan global.

Penambang Rio Tinto dan Anglo American berada di antara pencetak keuntungan teratas atau top gainer, masing-masing naik hampir 1,0 persen.

Perdagangan sepi karena pasar AS ditutup untuk libur hari Presiden.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang lebih fokus di dalam negeri menguat 0,1 persen.

Baca juga: Saham Eropa dibuka lebih tinggi didorong sektor pertambangan
Baca juga: IHSG diperkirakan lanjut menguat pada pekan ini
Baca juga: Saham Asia dibuka melemah, khawatir atas kebijakan Fed dan BoJ

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023