pagelaran seni dan budaya nusantara
Jakarta (ANTARA) - Indonesia Tourist Information Center (IndonesiaTIC) menggandeng semua kantor perwakilan provinsi di Jakarta yang tergabung dalam Forum Komunikasi Pemerintah Penghubung Seluruh Indonesia (FORKAPPSI), untuk mendongkrak pariwisata dan ekonomi kreatif.

Penanggung jawab IndonesiaTIC Etty Tejalaksana mengatakan kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) beberapa waktu lalu di Jakarta Selatan itu adalah usaha untuk mendukung sektor seni, budaya dan industri pariwisata daerah untuk semakin maju, berkembang serta menjadi sumber ekonomi unggulan masyarakat.

"Terkait kerja sama ini yaitu untuk mempromosikan pariwisata, produk-produk kreatif serta potensi-potensi lainnya yang dimiliki oleh masing-masing provinsi yang tergabung di dalam FORKAPPSI," ujar Etty dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis.

Etty menuturkan penandatanganan MoU tersebut merupakan tindak lanjut dari pertemuan yang telah diselenggarakan kedua belah pihak sebelumnya dengan target untuk pengembangan kerja sama terutama promosi pariwisata.

"Target utama dari kerja sama ini adalah untuk lebih memaksimalkan upaya memperkenalkan potensi daerah yang mungkin selama ini belum terangkat dan tentunya dapat dijadikan salah satu cara untuk menggiatkan perekonomian daerah, tidak hanya melalui pariwisata tapi juga usaha-usaha mikro yang dimiliki oleh masing-masing provinsi," ujarnya.

Etty menjelaskan IndonesiaTIC merupakan sebuah platform yang mengangkat kepariwisataan dan UMKM di sepuluh provinsi yang tergabung di bawah Mitra Praja Utama (MPU) seperti Jakarta dan Bali, namun mereka terbuka untuk bekerjasama dengan provinsi lainnya di luar provinsi anggota MPU tersebut.

"Jakarta dan Bali merupakan pintu gerbang utama pariwisata Indonesia, dimana segala bentuk promosi dapat dilakukan disini. Lewat kerja sama IndonesiaTIC dan FORKAPPSI diharapkan kegiatan promosi pariwisata dapat mengangkat dan memperkenalkan keunggulan potensi daerah," ucapnya.

Direktur pengembangan IndonesiaTIC, Dodi Riadi, mengatakan bahwa dalam waktu dekat ini, akan dikembangkan sebuah platform digital berupa Virtual Spaces yang dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan pariwisata dan event lainnya secara daring dan juga tidak meninggalkan beberapa kegiatan promosi yang bersifat langsung tatap muka.

Meski demikian, kata Dodi, pameran seni dan budaya akan tetap menjadi salah satu cara yang ia lakukan sebagai media interaksi, promosi dan komunikasi semua kebudayaan antar daerah di Indonesia.

"Pameran juga merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan kepada masyarakat luas melalui media karya baik itu seni dan budaya, dan kerja sama ini merupakan dukungan kami pada FORKAPPSI yang merupakan gabungan dari perwakilan-perwakilan daerah," ucap Dodi.

Sementara itu, Ketua FORKAPSI sekaligus Kepala Badan Penghubung Provinsi NTT Donald Izaac menyampaikan apresiasi kepada IndondesiaTIC yang membuka ruang kerjsama denga FORKAPSI untuk bersinergi dan berkolaborasi mempromosikan seni dan budaya, destinasi wisata dan produk-produk UMKM dari seluruh provinsi di Indonesia.

"Kerja sama ini akan dilakukan dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah pagelaran seni dan budaya nusantara, berupa tarian, music, fashion pakaian daerah dan acara/upacara adat yang didesain secara menarik," tutur Donald.

Baca juga: 220 orang kunjungi wisata pesisir Jakut dalam "Slice of North Jakarta"

Baca juga: Potensi Jakarta Utara dalam wisata berkelanjutan

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023