Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 terangkat 0,3 persen
Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat, didukung raksasa energi karena harga minyak yang lebih tinggi, tetapi pasar saham berada di jalur untuk membukukan penurunan mingguan.

Indeks saham-saham unggulan FTSE 100 terangkat 0,3 persen pada pukul 08.24 GMT, tetapi indeks ditetapkan untuk mencatat penurunan sekitar 1,0 persen minggu ini.

Perusahaan energi utama Shell dan BP berada di antara yang memperoleh keuntungan awal terbesar, masing-masing menguat 0,8 persen dan 1,2 persen, karena harga minyak memperpanjang kenaikan untuk sesi kedua, dengan prospek ekspor yang lebih rendah dari Rusia mengimbangi kekhawatiran atas meningkatnya persediaan di Amerika Serikat.

Sektor minyak dan gas yang lebih luas terkerek 1,0 persen, dikutip dari Reuters.

Sementara itu, indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang lebih condong ke pasar dalam negeri menguat 0,1 persen, karena saham manajer aset Jupiter Fund Management melonjak 9,6 persen setelah melaporkan hasil positif setahun penuh.

Cineworld Group merosot 39,4 persen setelah operator jaringan bioskop terbesar kedua di dunia itu mengatakan ekuitas pemegang saham mungkin terhapus oleh rencananya untuk keluar dari perlindungan kebangkrutan Bab 11 setelah gagal menemukan pembeli untuk seluruh bisnis.

Baca juga: Saham Eropa dibuka naik didorong laporan laba Saint-Gobain dan Elekta
Baca juga: Saham Inggris perpanjang rugi, indeks FTSE 100 merosot 0,29 persen
Baca juga: Saham Prancis hentikan rugi beruntun, indeks CAC 40 bangkit 18,17 poin

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023