Los Angeles (ANTARA) - Hampir 15,5 juta anak di Amerika Serikat (AS) dilaporkan pernah teruji positif COVID-19 sejak awal pandemi pada 2020, menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak (Children's Hospital Association).

Lebih dari 121.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan selama empat pekan terakhir, dan hampir 28.000 kasus di antaranya dilaporkan pada pekan terakhir Februari tertanggal 23 Februari, kata laporan itu

Dalam lima bulan terakhir, kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan setiap pekan di AS mencapai angka rata-rata 32.000 kasus.

Kendati demikian laporan tersebut menyatakan bahwa jumlah kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan kemungkinan jauh lebih rendah dari angka yang sebenarnya.

Laporan itu juga menyebutkan bahwa perlu dilakukan pengumpulan lebih banyak data berdasarkan usia, guna menilai tingkat keparahan penyakit yang berkaitan dengan varian-varian baru serta potensi efek jangka panjang, tambah laporan itu.

"Penting untuk mengetahui bahwa terdapat efek langsung dari pandemi terhadap kesehatan anak-anak, tetapi yang terpenting adalah kita perlu mengidentifikasi dan mengatasi dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, mental, serta sosial generasi anak-anak dan remaja ini," tulis laporan AAP tersebut.

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023