Bengaluru (ANTARA) - Saham-saham Inggris menguat pada awal perdagangan Jumat, dengan saham-saham unggulan lebih tinggi didorong oleh sektor pertambangan karena harga logam naik di tengah optimisme pemulihan di konsumen utama China, sementara kenaikan Wall Street semalam juga membantu kenaikan.

Indeks saham-saham unggulan atau blue-chips FTSE 100 terkerek 0,2 persen pada pukul 08.20 GMT, sedangkan indeks saham-saham berkapitalisasi sedang atau midcap FTSE 250 yang lebih fokus ke pasar dalam negeri terangkat 0,3 persen.

Kedua indeks acuan Inggris berada di jalur untuk kenaikan hampir 1,0 persen selama seminggu ini, dikutip dari Reuters.

Industri penambang logam memimpin keuntungan, naik 1,6 persen karena harga logam naik setelah data ekonomi yang menjanjikan dari China mendukung prospek permintaan.

Pasar global mengikuti kenaikan di pasar AS yang ditutup lebih tinggi pada Kamis (2/3/2023), mengambil isyarat dari Presiden Federal Reserve Atlanta Raphael Bostic yang berpendapat agar bank sentral tetap dengan kenaikan suku bunga seperempat poin "stabil" untuk saat ini.

Perusahaan jasa ladang minyak Hunting terperosok 10,6 persen setelah Berenberg menurunkan peringkat saham menjadi "tahan" dari "beli".

Baca juga: Saham Eropa dibuka menguat, terangkat ekuitas pertambangan
Baca juga: IHSG BEI akhir pekan ditutup melemah di tengah optimisme 'dovish' Fed
Baca juga: Saham Asia menguat didorong prospek pemulihan China, kehati-hatian Fed

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023