Los Angeles (ANTARA) - Lebih dari 106.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan di Amerika Serikat (AS) selama empat pekan terakhir, menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak (Children's Hospital Association).

Sejak awal pandemi, hampir 15,5 juta anak di Amerika Serikat tercatat telah teruji positif COVID-19, menurut laporan tersebut.

Hampir 19.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan selama pekan yang berakhir pada 2 Maret. Dalam lima bulan terakhir, kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan setiap pekan di AS mencapai rata-rata sekitar 32.000 kasus, sebut laporan itu.

Jumlah kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan kemungkinan jauh lebih rendah dari total kasus COVID-19 pada anak yang sebenarnya.

Lebih banyak data yang didasarkan pada usia perlu dihimpun guna menilai tingkat keparahan penyakit yang berkaitan dengan varian-varian baru serta potensi efek jangka panjang, imbuh laporan itu.

Penting untuk mengetahui bahwa terdapat efek langsung dari pandemi terhadap kesehatan anak-anak, tetapi yang lebih penting adalah kita perlu mengidentifikasi dan mengatasi dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, mental, serta sosial dari generasi anak-anak dan remaja ini, tulis pernyataan AAP.


 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023