Tangerang (ANTARA) - Bandara Soekarno - Hatta Tangerang, Banten, telah menyiapkan berbagai fasilitas keimigrasian untuk membantu kemudahan masyarakat yang ingin melaksanakan ibadah umrah saat bulan Ramadhan.

Kepala Bidang Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Imigrasi Soekarno - Hatta yakni Uchky Aditya di Tangerang, Rabu, mengatakan animo masyarakat dalam melaksanakan umrah di bulan Ramadhan umumnya meningkat, sehingga perlu adanya kesiapan berbagai kebutuhan dalam pemeriksaan keimigrasian para jamaah.

Terdapat konter pelayanan pemeriksaan imigrasi manual beserta petugasnya dengan jumlah yang cukup banyak. Selain itu, ada fasilitas autogate yang bisa digunakan masyarakat untuk pemeriksaan mandiri," kata Uchky Aditya dalam keterangannya yang diterima.

Dijelaskannya, Bandara Internasional Soekarno-Hatta menjadi salah satu pintu bagi para jamaah dalam perjalanannya ke tanah suci. Kapasitas besar dalam menampung arus penerbangan menjadikan Bandara ini salah satu yang tersibuk di Indonesia, termasuk bagi penerbangan umrah.

Baca juga: Mulai Ramadhan, Saudi beri izin umrah bagi jamaah yang sudah divaksin

Baca juga: Jelang Piala Dunia, Paul Pogba pergi umrah


Sistem autogate, merupakan salah satu fasilitas canggih yang dimiliki imigrasi untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan pemeriksaan keimigrasian.

"Sistem autogate di terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta baru-baru ini diresmikan oleh Dirjen Imigrasi Bapak Silmi Karim dalam rangka peningkatan pelayanan," ujarnya.

Perlu diketahui, sistem autogate sebelumnya telah terpasang di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, dan sekarang ditambah di Terminal 2.

“Kami juga telah melakukan sinergi dengan berbagai stakeholder di bandara demi melancarkan proses penerbangan umrah di bulan Ramadhan nanti, salah satunya dengan Angkasa Pura II yang dahulu sebagai penyedia dan operator mesin autogate," katanya.*

Baca juga: Jamaah umrah perlu waspadai MERS CoV

Baca juga: 80.000 warga Mesir umrah selama Ramadhan

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023