Ini bagian dari inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan
Jakarta (ANTARA) - Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta membuka layanan pembuatan paspor akhir pekan (Sabtu dan Minggu) di sejumlah tempat rekreasi Ibu Kota.

"Ini bagian dari inovasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan sejak Indonesia pulih dari pandemi COVID-19," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta Ibnu Chuldun saat ditemui wartawan di sela Sosialisasi Kemudahan Pelayanan Keimigrasian di Pademangan, Jakarta Utara, Kamis.

Ia memberikan contoh, salah satunya di Pantai Indah Kapuk (PIK) yang dapat dimanfaatkan warga pelayanannya oleh Kantor Imigrasi Kelas I TPI Tanjung Priok dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara tersebut.

"Hari Sabtu-Minggu mendatang itu, Kepala Divisi Imigrasi (Pamuji Raharja) membuka pelayanan paspor di Pantai Indah Kapuk," kata Ibnu.

Tak hanya di PIK, Ibnu pun menyampaikan layanan paspor akhir pekan (Sabtu dan Minggu) juga dibuka di pusat perbelanjaan Pasar Pagi Mangga Dua, Pademangan, Jakarta Utara.

Baca juga: Permintaan paspor di Kantor Imigrasi Tanjung Priok meningkat

Ibnu berharap melalui layanan ini, masyarakat dapat lebih mudah mengakses layanan keimigrasian, kapan pun mereka membutuhkan, tidak hanya pada saat hari-hari kerja (Senin-Jumat) saja.

"Harapannya, masyarakat bisa kapan pun membutuhkan pelayanan keimigrasian bisa memperolehnya dengan baik. Itu targetnya," kata Ibnu.

Menurut Ibnu, sudah dua bulan terakhir Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham DKI beserta seluruh jajaran kantor imigrasi meningkatkan waktu pelayanan agar pelayanan yang diberikan lebih maksimal dibandingkan masa pandemi COVID-19.

Saat pandemi, layanan paspor cukup terbatas kuota yang dibuka, karena ada pembatasan jarak dan lain-lain, selain itu hanya dilaksanakan pada hari kerja saja yaitu Senin sampai dengan Jumat.

Setelah pandemi COVID-19 terkendali dan pemerintah telah mencabut kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), Direktur Jenderal Imigrasi Silmy Karim mengarahkan kepada Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kumham DKI untuk memberikan lebih banyak fleksibilitas dalam hal pelayanan.

Baca juga: Imigrasi Jakpus terapkan "Si Sisca" untuk permudah pelayanan

Oleh karena itu, lanjutnya, muncul ide dari jajaran kantor imigrasi untuk menggandeng sejumlah pusat perbelanjaan, di antaranya untuk wilayah Jakarta Selatan ada dua, salah satunya Kemang Village.

Ribuan paspor
Di wilayah Jakarta Timur, pelayanan paspor diadakan di PGC Cililitan dan Cibubur Junction.

Kemudian untuk wilayah Jakarta Pusat ada di Plaza Semanggi. Jakarta Barat ada di Mal Puri Kembangan.

"Bapak Dirjen Imigrasi telah menugaskan secara khusus kepada Kepala Divisi Imigrasi dengan seluruh jajaran Imigrasi untuk meningkatkan waktu pelayanan," kata Ibnu.

Data statistik penerbitan paspor dari Sistem Manajemen Informasi Keimigrasian (SIMKIM) menunjukkan jumlah penerbitan paspor non elektronik secara nasional pada Januari 2023 sebanyak 407.159 dan paspor elektronik sebanyak 156.323.

Baca juga: Imigrasi Jakarta Selatan gulirkan program "delivery order"

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Tanjung Priok, Abdi Widodo Subagio, mengatakan sejumlah 3.053 permohonan paspor tercapai selama Januari 2023, terdiri 2.566 paspor non elektronik dan 487 paspor elektronik.

Selain memanfaatkan layanan akhir pekan, masyarakat tetap bisa membuat paspor pada hari biasa dengan mendaftar melalui aplikasi M-Paspor, atau juga dapat mengakses layanan pembuatan atau penggantian paspor kolektif di lokasi yang diinginkan melalui fasilitas Eazy Passport.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023