Tanjung Selor (ANTARA) - Sebanyak 3.300 jiwa warga perbatasan Indonesia dan Malaysia di Desa Aji Kuning, Sebatik Barat, Kabupaten Nunukan kini menikmati air bersih, setelah Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid mengaktifkan jaringan air bersih di wilayah itu.

“Ini juga menandai dimulainya pelayanan pemasangan sambungan rumah warga di wilayah Kecamatan Sebatik Tengah,” kata Asmin Laura Hafid di Nunukan, Minggu.

Pada kegiatan yang sama, Bupati Nunukan juga memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait kemudahan pembayaran air melalui aplikasi dan rekening bank. Ia juga berharap masyarakat tetap berperilaku hemat menggunakan air bersih.

Bupati Asmin Laura juga memberikan apresiasi kepada Perumda Tirta Taka Nunukan telah berusaha keras melakukan upaya pemenuhan air bersih khususnya di sekitar patok dua perbatasan Indonesia-Malaysia di Desa Aji Kuning Kecamatan Sebatik Tengah.

Bupati Laura mengatakan air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar penting bagi kehidupan masyarakat sehari-hari baik untuk minum, memasak, mandi, mencuci dan sebagainya.

Pada 2022 Pemerintah Kabupaten Nunukan melaksanakan kegiatan pemasangan jaringan pipa distribusi utama yang mengalirkan air bersih ke Desa Aji Kuning, disertai pengadaan sambungan rumah bantuan sebanyak 550 unit atau setara 3.300 jiwa.

Pemerintah Kabupaten Nunukan juga segera melaksanakan sambungan rumah melalui Perumda Air Minum Tirta Taka dengan biaya yang murah.

“Ini akan terus dikembangkan hingga pemerataan pelayanan bisa terpenuhi untuk masyarakat Sebatik,” ujar Bupati.

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Maswandi
Copyright © ANTARA 2023