Makassar (ANTARA) - Kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan (BI Sulsel) mengatakan pihaknya memberdayakan pelaku usaha mikro kecil menengah(UMKM) melalui Kuliner X Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) spesial Ramadan.

"Kegiatan ini adalah salah satu dari enam agenda spesial pada bulan suci Ramadan. Khusus Kuliner X QRIS dibuka akhir pekan kemarin hingga 19 April 2023," kata Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanako di Makassar, Minggu.

Dia mengatakan, pada kegiatan ini ikut serta sekitar 50 pelaku UMKM dengan seluruh transaksi pembayaran wajib dilakukan secara digital melalui QRIS.

Selain kegiatan yang juga merupakan bazar kuliner dari UMKM, terdapat beberapa event  menarik lainnya yang akan hadir selama periode kegiatan berlangsung yakni creative workshop, fashion & handicraft bazar, live music dan community activity serta layanan penukaran uang.

Untuk mendukung kegiatan ini, BI  juga akan memberikan doorprize  dua unit motor bagi merchant dengan transaksi terbanyak dan pengunjung yang beruntung.
 
Suasana kegiatan Kuliner X QRIS yang dibuka oleh Deputi Kepala Perwakilan BI Sulsel Rudy Bambang Wijanarko di Makassar, Minggu (26/3/2023). ANTARA/HO-BI Sulsel/am.


"Ini merupakan upaya kami untuk terus mengenalkan pembayaran yang jauh lebih cepat, mudah, murah, aman, dan andal bagi masyarakat dan pelaku usaha," kata Rudy.

Dia mengatakan, acara Kuliner X QRIS Spesial Ramadhan merupakan salah satu kontribusi BI  untuk mendukung program kerja Pemerintah Kota Makassar yang di awal tahun ini baru saja meluncurkan branding baru, yaitu Makassar Kota Makan Enak.

Acara ini juga merupakan salah satu turunan dari inisiatif BI  dalam memperluas digitalisasi sistem pembayaran dan UMKM, khususnya di Sulsel.

Perkembangan transaksi ekonomi dan keuangan digital, khususnya QRIS, berkembang sangat pesat di Sulsel sebagai buah dari sinergi dan kolaborasi dengan berbagai stakeholder.

Berdasarkan data BI Sulsel diketahui hingga akhir Februari 2023, jumlah merchant QRIS di Sulsel telah mencapai lebih dari 781 ribu merchant yang 86 persen di antaranya adalah UMKM.

Pewarta: Suriani Mappong
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023