Jakarta (ANTARA) - Kapolres Metro Jakarta Barat, Kombes Pol Muhammad Syahduddi menugaskan 587 polisi RW untuk menjaga rumah warga yang kosong saat pulang kampung (mudik).

"Untuk wilayah Jakarta Barat ada 587 polisi RW yang sudah diterjunkan di tiap-tiap RW di Jakarta Barat," terang Muhammad dalam konferensi pers di Polres Metro Jakarta Barat, Selasa.

Menurut Syahduddi, polisi RW itu akan berpatroli secara rutin di permukiman warga agar terhindari aksi pencurian.

Selain itu, polisi RW juga bisa bertindak sebagai rekan kerja dari para RW untuk mengetahui, mencatat dan mencari solusi terkait gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Selain melakukan patroli, Syahduddi juga sudah menginstruksikan polisi RW di Jakarta Barat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang ingin mudik.

Hal itu dilakukan untuk memastikan masyarakat bisa meninggalkan rumah dalam keadaan aman.

"Polisi RW yang ada juga bekerja sama dengan RW setempat serta potensi keamanan warga lainnya untuk bersama-sama mengamankan rumah-rumah yang ditinggalkan selama mudik," kata Muhammad.

Sejauh ini, Syahduddi menilai sudah banyak kontribusi polisi RW dalam mengungkap beberapa kasus. Salahsatu yang sempat menjadi sorotan masyarakat yakni pengungkapan tempat prostitusi di Tamboradi Jakarta Barat.

Dengan adanya peran polisi RW ini, Syahduddi berharap aksi pencurian rumah kosong selama arus mudik dapat dihindari.

"Jadi peran polisi RW ini sangat signifikan dalam membantu Polres Jakbar dan membantu masyarakat agar selalu aman dan kondusif," tutup Syahduddi.

Baca juga: Kapolres Metro Jaktim mengukuhkan 707 polisi RW

Pewarta: Redemptus Elyonai Risky Syukur
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023