Los Angeles (ANTARA) - Lebih dari 15,5 juta anak di Amerika Serikat (AS) dilaporkan pernah teruji positif COVID-19 sejak awal pandemi, menurut laporan terbaru dari Akademi Pediatri Amerika (American Academy of Pediatrics/AAP) dan Asosiasi Rumah Sakit Anak (Children's Hospital Association).

Lebih dari 66.000 kasus COVID-19 pada anak dilaporkan dalam 4 pekan terakhir dan lebih dari 13.000 kasus COVID-19 pada anak di antaranya dilaporkan selama pekan yang berakhir pada 23 Maret, menurut laporan itu.

Laporan itu menyebutkan selama enam bulan terakhir, kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan setiap pekan di AS stabil di angka rata-rata sekitar 30.000 kasus.

Jumlah kasus COVID-19 pada anak yang dilaporkan kemungkinan "jauh lebih rendah" dari angka yang sebenarnya, sebut laporan itu.

Perlu dilakukan pengumpulan lebih banyak data berdasarkan usia guna menilai tingkat keparahan penyakit yang berkaitan dengan varian-varian baru serta potensi efek jangka panjang, tambah laporan itu.

Penting untuk mengetahui bahwa ada efek langsung dari pandemi terhadap kesehatan anak-anak, tetapi yang terpenting adalah kita perlu mengidentifikasi dan mengatasi dampak jangka panjang terhadap kesehatan fisik, mental, dan sosial generasi anak-anak dan remaja ini, kata AAP. 

Penerjemah: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023