Jakarta (ANTARA News) - Rencana Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang akan menjadikan Ancol sebagai pusat pendidikan mendapat sambutan positif dari PT Pembangunan Jaya Ancol (PJA), kata Humas PJA Farida Kusuma saat dihubungi pers di Jakarta, Sabtu.

"Ancol menyambut baik harapan Bapak Wagub menjadikan Ancol sebagai tempat pendidkan. Berarti Ancol akan menjadi destinasi wisata edukasi. Hal ini sejalan dengan visi misi Ancol," katanya.

Farida menambahkan, Ancol mempunyai peran bukan saja dari fungsi ekonomi tetapi juga fungsi sosial yang menjadikan masyarakat bertambah pandai dengan adanya perkembangan wisata edukasi tentang Kelautan dan Perikanan.

"Wisata pendidikan bisa dilakukan dalam bentuk kerja sama dengan sekolah-sekolah dan lembaga pendidikan," katanya.

Terkait dengan adanya gugatan, agar Ancol dijadikan pantai publik. Farida menilai pernyataan Wagub tentu salah satu bentuk dukungan agar Ancol tetap dikelola seperti yang sudah dilakukan saat ini.

"Selama ini Ancol sudah dan akan memberikan tarif yang sangat murah, bahkan Ancol saat ini sudah menggratiskan kira-kira 10 persen pengunjung yang merupakan duafa dan fakir miskin," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Wagub Basuki mengatakan bahwa selain tempat wisata, Ancol juga akan dijadikan sebagai pusat pendidikan. "Kami ingin Ancol membuat suatu program pelatihan," katanya.

Menurut Wagub, Ancol tidak hanya menjadi tempat untuk berwisata saja namun juga tempat pendidikan terutama kelautan dan perikanan. "Jadi orang ke sana tidak hanya untuk jalan-jalan saja tapi bisa untuk pendidikan," ujarnya.(*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012