Jakarta (ANTARA) - Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengajak warga untuk mengurangi sampah makanan dan limbah plastik pada momentum Ramadhan, mengingat konsumsi dua hal tersebut meningkat selama bulan puasa.

"Mari kita mulai dengan Gerakan Green Ramadhan yang di dalamnya ada gerakan mengurangi sampah makanan pada saat buka puasa dan sahur," ujar Wakil Ketua Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah Hening Purwati Parlan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis. 

Hening mengatakan konsumsi makanan pada bulan Ramadhan secara umum meningkat, utamanya konsumsi di antara jeda waktu antara takjil dan sahur.

Sebagai konsekuensi meningkatnya konsumsi itu, kata dia, limbah makanan pun juga ikut meningkat, baik limbah karena sisa makanan maupun limbah pembungkus makanan.

"Mengurangi hal mubazir, termasuk limbah makanan dan limbah plastik termasuk dalam mengamalkan ajaran Islam. Apalagi dalam Islam, terdapat konsep kebersihan adalah sebagian dari iman," kata dia.

Menurutnya, limbah yang meningkat berpotensi menaikkan penularan penyakit dari bakteri dan virus seperti diare, tifus, disentri, jamur, kolera, dan berbagai macam penyakit kulit.

Pada lingkungan, limbah itu akan mendatangkan bau yang tidak sedap, mendatangkan berbagai penyakit, dan mencemari lingkungan. 

Untuk itu, ia mendorong kepedulian masjid, musala, komunitas dan keluarga untuk menumbuhkan sikap tidak memubazirkan makanan, menyampaikan dampak membuang makanan pada lingkungan, kesehatan, dan masa depan bumi.

"Fakta yang menyebutkan bahwa tumpukan sampah ini meningkat pada saat Ramadan sungguh memprihatinkan," ujarnya.

Baca juga: Berhenti menjadi penyampah makanan

Baca juga: KLHK sosialisasikan plastik sekali pakai ke penyedia jasa makanan

Baca juga: PP Muhammadiyah ingatkan buka bersama tetap dengan protokol kesehatan


 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2023