Panti Asuhan memiliki peran yang strategis untuk pembinaan anak-anak kita,
Jakarta (ANTARA) - Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Wakil Kepala Badan Pertanahan Nasional (Wamen ATR/BPN) Raja Juli Antoni menyerahkan 25 sertifikat wakaf, salah satunya adalah panti asuhan milik Yayasan Sosial Anak Yatim Fakir Miskin Panti Asuhan Al-Amin di Gresik, Jawa Timur, Kamis.

Raja Juli mengatakan bahwa panti asuhan memiliki peran penting dalam memenuhi hak dan kebutuhan anak-anak. Dengan pemenuhan itu, anak memiliki banyak pilihan dan pandangan terbuka ke depan.

"Panti Asuhan memiliki peran yang strategis untuk pembinaan anak-anak kita," ujar Raja Juli dalam keterangan tertulis di Jakarta.

Baca juga: Wamen ATR/BPN targetkan sertifikasi tanah wakaf di Jatim tuntas 2023

Raja Juli menyebut, wakif yang mewakafkan tanah tersebut memiliki rasa solidaritas yang tinggi untuk anak-anak, dan dengan demikian Kementerian ATR/BPN mendukung penuh sertifikasi panti asuhan.

"Kami sebagai aparatur di ATR/BPN memiliki tugas untuk melindungi niat baik wakif tersebut supaya tanah mereka mendapat kepastian hukum," katanya.

Melalui gerakan percepatan pensertifikatan tanah wakaf, Raja mengajak masyarakat untuk datang ke Kantor BPN setempat untuk mendaftarkan tanahnya. Pendaftaran tanah akan melindungi tanah tersebut dari mafia tanah.

"Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi dengan tanah kita besok dan lusa. Tapi hari ini kita bisa menjaga tanah itu dengan mendaftarkan tanah ke Kantor BPN," ujar Raja Antoni.

Baca juga: Wamen ATR/BPN tinjau proses penyelesaian konflik tanah di Blora

Sebelumnya, Wamen ATR/BPN telah lebih dulu menyerahkan 12 sertifikat tanah wakaf di Masjid Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur.

 Ia menargetkan sertifikasi seluruh tanah wakaf di Jawa Timur dapat selesai hingga akhir 2023.

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023