Jakarta (ANTARA) - Pebalap Lewis Hamilton mengatakan Mercedes masih perlu memberikan peningkatan pada mobil W14, terlepas dari pencapaian podiumnya pada Formula 1 musim ini di Grand Prix Australia.

"Saya masih merasa tidak nyaman di dalam mobil, saya masih belum terlalu terhubung dengannya. Jadi, saya memutuskan untuk berusaha mengemudi sebaik mungkin," ungkap Hamilton, dikutip dari laman resmi F1, Senin.

"Saya bekerja sekeras yang saya bisa untuk mencoba dan menciptakan koneksi itu tapi saya pikir ini adalah proyek yang panjang. Kami jelas turun dari segi kecepatan jika dibandingkan dengan Red Bull," imbuhnya.

Baca juga: Verstappen tercepat di sesi latihan GP Australia, Hamilton kedua

Pebalap Inggris itu juga menyoroti insiden yang menimpa rekan satu timnya, George Russell, yang harus menepi dan tidak kembali ke trek karena adanya masalah di bagian mesin mobilnya.

"(Itu) benar-benar hari yang sial bagi George. Dari pihak kami, kami harus memeriksanya, mengingat keandalan kami secara umum sangat baik. Saya benar-benar tidak berharap menjadi yang kedua (yang mengalami insiden serupa)," kata dia.

Terlepas dari sejumlah masalah yang harus ia hadapi, Hamilton tetap mengapresiasi tim karena terus memberikan kemajuan untuk memperbaiki performa mobil W14 di musim ini.

"Saya harus mengucapkan banyak terima kasih kepada semua orang di tim, di Australia, dan di Melbourne. Saya mengalami pekan terbaik di sini. Cuacanya luar biasa, trek dan kota ini terus menampilkan hal yang luar biasa," ujar dia.

Baca juga: Verstappen sebut Hamilton tak patuhi aturan balapan di Australia
Baca juga: Verstappen rebut pole di GP Australia, Perez tersingkir


Lebih lanjut, juara dunia tujuh kali itu mengatakan dirinya menikmati balapan dengan pebalap veteran Fernando Alonso (Aston Martin) untuk memperebutkan posisi kedua. Menurut Hamilton, Alonso masih sangat kompetitif.

"Bagi kami untuk berada di sini dan bertarung dengan Aston Martin, rasanya sungguh luar biasa, dan kami harus terus berjuang," katanya.

"Fernando dan Max (Verstappen), mereka sangat cepat. Saya harus berjuang lebih keras pada balapan itu. Alonso berada di belakang saya, dan saya berhasil menahannya. Dia benar-benar seorang legenda, dia sangat hebat," imbuhnya.

Sementara itu, pencapaian podium Hamilton di Australia menempatkannya pada urutan kelima di klasemen pebalap dengan 20 poin. Sedangkan Mercedes berada di urutan ketiga dalam klasemen konstruktor dengan 56 poin.

Baca juga: Hamilton tegaskan lagi akan berjuang bersama Mercedes hingga akhir

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023