...diselenggarakan guna memfasilitasi pemudik dengan moda transportasi yang aman dan nyaman.
Surabaya (ANTARA) - Perum Jasa Tirta I kembali menggelar Program Mudik Gratis BUMN bertema "Mudik Dinanti, Mudik di Hati" setelah sebelumnya sempat ditiadakan selama beberapa tahun imbas adanya pandemi COVID-19.

"Program mudik bersama ini diselenggarakan guna memfasilitasi pemudik dengan moda transportasi yang aman dan nyaman. Selain itu juga upaya BUMN untuk menekan kecelakaan yang terjadi selama mudik," kata Pelaksana Tugas Direktur Utama Perum Jasa Tirta I Milfan Rantawi, di Surabaya, Kamis.

Tahun ini Perum Jasa Tirta I membuka enam rute mudik. Rute pertama akan berangkat dari Jakarta dengan tujuan akhir Malang, melewati Solo dan Surabaya dengan kuota sebanyak 50 kursi.

Untuk rute ini rencananya akan diberangkatkan dari Jakarta, tepatnya dari Stadion Gelora Bung Karno (GBK) bersama dengan BUMN lainnya pada 18 April 2023.

Untuk titik keberangkatan lainnya yakni dari Malang dengan lima pilihan rute, yaitu Malang-Purwokerto (Malang-Solo-Yogyakarta-Purwokerto) dengan kuota 100 kursi, Malang-Trenggalek (Malang-Blitar-Tulungagung-Trenggalek) 50 kursi.

Selanjutnya rute Malang-Blora (Malang-Lamongan-Babat-Bojonegoro-Blora) 50 kursi, Malang-Semarang (Malang-Madiun-Solo-Semarang) 50 kursi, dan Malang-Banyuwangi (Malang-Probolinggo-Jember-Banyuwangi) 50 kursi.

Milfan menjelaskan untuk dapat mengikuti mudik gratis tersebut caranya cukup mudah. Masyarakat tinggal melakukan pendaftaran secara online melalui bit.ly/MudikBersamaPJTI sebelum tanggal 11 April 2023. Dalam waktu itu, peserta mudik tidak boleh mendaftarkan dirinya melalui BUMN lainnya.

Untuk mengisi form registrasi, calon pemudik hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan sertifikat vaksin COVID-19.

"Kami akan menyiapkan tujuh bus yang dapat menampung total 350 pemudik. Semua bisa ikut serta, syaratnya hanya KTP dan sertifikat vaksin (COVID-19) saja," ujarnya pula.

Menurut Milfan, berkumpul bersama keluarga di kampung halaman pada momentum Lebaran ini tentunya sudah sangat dinantikan. Sebab, dalam beberapa tahun kegiatan mudik dilarang akibat pandemi COVID-19.

"Untuk itu dengan senang hati kami mengajak masyarakat untuk ikut serta memanfaatkan Program Mudik Bersama BUMN ini." ujar Milfan.
Baca juga: Dishub Kota Medan: pendaftaran mudik gratis Lebaran 2023 lebihi kuota
Baca juga: Gelar Safari Ramadhan BUMN 2023, Krakatau Steel Berikan Paket Sembako dan Mudik Gratis Lebaran 1444 H


Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023