Buntok (ANTARA) - Sebanyak 5.862 keluarga penerima manfaat (KPM) di Kabupaten Barito Selatan, Kalimantan Tengah, menerima bantuan cadangan pangan yang disalurkan pemerintah kabupaten setempat.

"Bantuan berupa beras tersebut disalurkan kepada 5.862 KPM yang tersebar di enam kecamatan," kata Penjabat Bupati Barito Selatan Lisda Arriyana di Buntok, Jumat.

Ia mengatakan bantuan yang disalurkan tersebut merupakan wujud kepedulian dan perhatian pemerintah kepada masyarakat.

"Bantuan yang diserahkan ini bertujuan untuk mengurangi beban pengeluaran bagi KPM terutama di momen bulan suci Ramadhan," ucap Lisda.

Baca juga: Pemkot Madiun salurkan bantuan cadangan pangan bagi 10.567 KPM

Baca juga: 65.581 KK di Kabupaten Madiun dapat bantuan Cadangan Pangan Pemerintah


Menurut dia, sesuai Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2012 tentang Pangan, pengelolaan cadangan pangan ini merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan keterjangkauan pangan, baik dari aspek fisik maupun ekonomi.

"Penyelenggaraan cadangan pangan ini dilakukan untuk mengantisipasi kekurangan pangan, gejolak harga pangan dan keadaan darurat," kata Lisda.

Dikatakannya, kegiatan penyaluran pangan yang dilaksanakan ini juga dalam upaya untuk menangani stunting dan mengurai kemiskinan ekstrem.

"Kegiatan ini sebagai upaya untuk menangani kerawanan pangan, kemiskinan, stunting dan gizi buruk, keadaan darurat, dan melindungi produsen serta konsumen dari dampak fluktuasi harga dan pengendalian dampak inflasi," ujarnya.

Dalam penyaluran cadangan pangan 2023 tersebut, pihaknya bekerja sama dengan perusahaan umum Bulog dan PT Pos Indonesia Cabang Buntok.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada Kantor Bulog, PT Pos Indonesia, Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD), serta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) yang telah bekerja sama dan bergerak cepat dalam melaksanakan kegiatan ini," ucapnya.

Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bulog Buntok Septaniasi mengatakan penyaluran bantuan tersebut sesuai dengan penugasan Kepala Badan Pangan Nasional.

"Untuk KPM di Barito Selatan ini sebanyak 5.862 kepala keluarga dengan kuantum sebanyak 58.620 kilogram beras per bulan," ucapnya.

Untuk kuantum beras di Kecamatan Dusun Hilir sebanyak 9.730 kilogram per bulan, Dusun Selatan 18.640 kilogram per bulan, Kecamatan Dusun Utara 7.130 kilogram per bulan

Sedangkan di Kecamatan Gunung Bintang Awai disalurkan sebanyak 11.080 kilogram dalam per bulan, Kecamatan Jenamas 3.400 kilogram dan di Kecamatan Karau Kuala disalurkan sebanyak 8.640 kilogram per bulan.

"Bantuan yang disalurkan ini untuk alokasi bulan Maret 2023," kata Septaniasi.*

Baca juga: Sebanyak 330 ribu warga Sumbar terima bantuan pangan nasional

Baca juga: Jabar salurkan bantuan cadangan pangan bagi 4,4 juta keluarga

Pewarta: Kasriadi/Bayu Ilmiawan
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023