Padang Aro (ANTARA News) - Umat Nasrani di Solok Selatan, Sumatera Barat merayakan Natal di rumah warga karena di kabupaten yang berjarak sekitar 135 kilometer dari Padang arah timur itu belum ada gereja.

"Umat Nasrani di sini (Solok Selatan) merayakan Natal di rumah warga karena belum ada gereja. Rumah tersebut berada tiga lokasi yang semuanya berada di Kecamatan Sangir," sebut Kepala Kepolisian Resor Solok Selatan AKBP Djoko Trisulo di Padang Aro, Senin.

Setiap rumah ibadat itu diperkirakan dikunjungi 15-20 umat Kristen.

Dalam melakukan pengamanan perayaan Natal, sebut dia, Polres Solok Selatan akan menempatkan personel di rumah warga yang digunakan untuk perayaan Natal itu masing-masing tujuh hingga delapan orang.

Personel Kepolisian mulai bertugas di tempat ketiga rumah tersebut mulai 24 Desember hingga 26 Desember.

Sementara pengamanan saat perayaan pergantian tahun baru 2012 ke 2013, sebut dia, akan difokuskan pada objek-objek wisata, seperti Irigasi Balun di Koto Parik Gadang Diateh, Pulau Mutiara di Kecamatan Sangir.

Dia mengimbau agar masyarakat tidak melakukan konvoi dan berpesta minuman keras atau narkoba dalam merayakan pergantian tahun.

"Selama ini perayaan pergantian tahun baru identik dengan konvoi sepeda motor dan pesta minuman keras," katanya.

Dia mengajak masyarakat setempat untuk menjadi situasi yang kondusif selama perayaan Natal dan pergantian tahun baru di Solok Selatan. (ANT)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012