Untuk meningkatkan PAD pariwisata, berbagai upaya yang kami lakukan.
Jayapura (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dispar) setempat gencar mengembangkan potensi pariwisata pada sembilan kabupaten/kota di Bumi Cenderawasih, sehingga nantinya dapat menambah pendapatan asli daerah (PAD).
 
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Papua Yimin Weya, di Jayapura, Senin, mengatakan mengatakan kini dengan terbentuknya tiga provinsi daerah otonomi baru (DOB) di Papua, maka pihaknya gencar melakukan peningkatan kualitas dan kapasitas.
 
"Untuk meningkatkan PAD pariwisata, berbagai upaya yang kami lakukan, salah satunya melakukan pendekatan komunikasi terhadap masyarakat yang punya lahan pariwisata," katanya.
 
Menurut Yimi, dengan pendekatan tersebut, sehingga nantinya bisa membangun destinasi wisata, desa wisata, agrowisata, objek wisata. "Dengan begitu masyarakat yang memiliki lahan tersebut dapat mengelola secara sungguh-sungguh berdasarkan komitmen bersama dengan pemerintah,” ujarnya pula.
 
Dia menjelaskan selain meningkatkan potensi pariwisata di sembilan kabupaten/kota tersebut, pihaknya juga bakal adakan pelatihan bagi masyarakat yang punya lahan pariwisata.
 
"Termasuk nantinya melakukan pendampingan kepada pemilik lahan agar mampu melakukan ekonomi kreatif, sehingga nantinya mendewasakan diri meningkatkan sektor pariwisata di Papua," katanya lagi.
 
Ia menambahkan untuk meningkatkan pariwisata di Papua, pihaknya akan melibatkan para kepala Dinas Pariwisata yang ada di kabupaten/kota guna membahas kendala yang dihadapi serta kekurangan yang ada.
 
“Dengan kekurangan dan kendala yang dialami, maka kami membantu dalam dana pagu yang kami terima di provinsi,” ujarnya lagi.

Pewarta: Qadri Pratiwi
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023