Untuk tim putri, kami targetkan juga sebagai juara satu
Jakarta (ANTARA) - Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo mengatakan pihaknya mendorong dan optimistis tim nasional esports putri yang baru pertama kali mengikuti nomor pertandingan di SEA Games ke-32 Kamboja bisa meraih medali emas.

"Untuk tim putri, kami targetkan juga sebagai juara satu, dengan masing-masing atletnya yang sudah pernah memenangkan kejuaraan-kejuaraan internasional. Kita harapkan tidak ada gangguan atau hal-hal (yang mengganggu persiapan) lain, sehingga bisa menggapai emas," kata Bambang saat dijumpai di Jakarta, Senin.

Mengenai persiapan timnas esports jelang SEA Games secara keseluruhan, Bambang mengatakan segalanya telah disusun dengan matang, mulai dari seleksi hingga kesiapan atlet serta pelatih. Secara total, setidaknya sebanyak 40 atlet dan 16 pelatih akan terbang ke Negeri Angkor Wat.

"Kami sudah siapkan sedemikian rupa, dari atlet hingga pelatih. Prosesnya berjenjang. Apa yang sudah masuk di seleknas, mereka sudah melalui seleksi yang cukup panjang dan memiliki track record yang baik, mereka adalah orang-orang terpilih," ujar dia.

"Sekarang adalah (bagaimana) membangun kekompakan, kemampuan yang solid sebagai tim, dan sesuai target semoga bisa tercapai. Ini juga butuh dukungan semua pihak dan doa restu dari masyarakat agar kami bisa membawa nama baik bangsa di SEA Games," imbuhnya.

Baca juga: Persiapan timnas esports Indonesia jelang SEA Games capai 80 persen
Baca juga: Menpora yakin timnas esports bisa jadi juara umum di SEA Games Kamboja

Selain itu, Bambang mengatakan pihaknya juga melakukan evaluasi rutin terkait program latihan, kemajuan, serta tantangan apa yang kiranya dapat muncul saat timnas berkompetisi di Kamboja pada Mei nanti.

"Kami tetap optimis (target juara umum) bisa tercapai. Terlepas dari berbagai kekurangan yang ada, kami terus berusaha untuk memperbaiki untuk mencapai prestasi terbaik untuk bangsa dan negara," ucap dia.

"Kami juga menyiapkan training camp dan pertandingan di Malaysia, China, dan Korea Selatan untuk meningkatkan kemampuan para atlet. Harapannya bisa mencapai target (medali) yang diinginkan," tambahnya.

Adapun Indonesia menargetkan esports untuk meraih empat emas, tiga perak, dan satu perunggu di enam nomor pertandingan, dan tampil sebagai juara umum di SEA Games Kamboja.

Selain itu, Indonesia akan berpartisipasi di enam nomor pertandingan, yakni Mobile Legends: Bang-Bang (MLBB) Men, MLBB Women, PUBG Mobile Team, PUBG Mobile Individual, Crossfire, dan Valorant.

Baca juga: PB ESI harap Menpora generasi digital memotori perkembangan esport
Baca juga: Timnas esports targetkan empat emas di SEA Games Kamboja

Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023