Jakarta (ANTARA) - Juara Monte Carlo Masters 2014 Stan Wawrinka melewati babak pertama di Monte Carlo, Senin waktu setempat atau Selasa WIB, sementara petenis kualifikasi Ivan Gakhov memastikan pertemuannya dengan petenis nomor satu dunia Novak Djokovic.

Wawrinka yang juga juara Grand Slam tiga kali itu merosot ke peringkat 90 ATP tetapi mengamankan tiket babak keduanya dengan kekalahan 5-7, 6-3, 6-4 dari Tallon Griekspoor.

Petenis lain yang juga melewati rintangan pertama dalam turnamen pemanasan French Open tersebut adalah finalis Wimbledon 2021 Matteo Berrettini dan Dominic Thiem.

Namun, partisipasi Andy Murray di Monte Carlo Masters berakhir setelah kalah dari unggulan ke-14 asal Australia Alex de Minaur dengan 6-1, 6-3.

Baca juga: Alcaraz mundur dari Monte Carlo Masters karena cedera

Gakhov mengalahkan petenis Amerika Mackenzie McDonald 7-6 (8/6), 2-6, 6-3 untuk mencapai babak kedua bertemu dengan Djokovic, pertarungan menantang bagi Gakhov dengan hampir 200 selisih peringkat antara keduanya.

Petenis Serbia itu belum pernah berkompetisi sejak kalah dalam semifinal di Dubai awal Maret dari Daniil Medvedev.

Djokovic terpaksa melewatkan turnamen Amerika di Indian Well dan Miami karena sikap anti-vaksinasi COVID-19. Dia mengatakan "termotivasi" untuk memulai musim lapangan tanah liat ketika dia menargetkan Grand Slam ke-23 di Roland Garros.

Jalan Djokovic menuju gelar Monte Carlo ketiganya diperhalus dengan absennya juara 11 kali Rafael Nadal dan bintang remaja Spanyol Carlos Alcaraz karena cedera.

Wawrinka, yang selanjutnya akan menghadapi unggulan kedelapan dari Amerika Taylor Fritz, mengaku senang dapat mengikuti turnamen.

Baca juga: Nadal lewatkan turnamen pemanasan French Open di Monte Carlo

Wawrinka yang berusia 38 tahun, yang mengalahkan Roger Federer untuk gelar 2014, gagal melewati babak kedua sejak 2017. Setelah dua musim mengalami cedera, dia sangat ingin menebus waktu yang hilang.

"Saat ini, setiap kemenangan itu penting," kata Wawrinka, seperti disiarkan AFP.

"Secara fisik saya baik-baik saja dan performa saya cukup baik."

"Saya mampu mengalahkan banyak pemain, saya harus memainkan permainan saya."

Sementara itu, Berrettini meraih kemenangan pertamanya di lapangan tanah liat Monte Carlo pada percobaan ketiga setelah mendominasi Maxime Cressy 6-4, 6-2.

Thiem mengalahkan petenis Prancis Richard Gasquet 6-1, 6-4, dan akan berhadapan dengan unggulan keenam asal Denmark Holger Rune.

Baca juga: Justin Barki juarai ganda ITF M15 Singapura
Baca juga: Juara bertahan Jabeur, Swiatek dan Sabalenka pimpin daftar Madrid Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023