... tentu akan solid dan mulai sekarang berkoordinasi demi kemenangan Wiranto menduduki kursi RI-1... "
Surabaya (ANTARA News) - Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat, Jenderal TNI (Purnawirawan) Wiranto, menyatakan siap menjadi calon presiden Indonesia periode 2014-2019 dan bersaing bersama beberapa calon lainnya. 

"Sebagai kader bangsa yang mendapat kepercayaan dari konstituen, saya menyatakan siap menjadi calon presiden periode mendatang," ujarnya, kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Ia mengaku, meski sudah pernah dua kali mengikuti pemilihan presiden sebagai calon presiden dengan pasangan calon wakil presidennya, Salahuddin Wahid, pada 2004, pun sebagai wakil presiden mendampingi Jusuf Kalla sebagai calon presiden pada 2009, dia bertekad tetap berusaha. 

"Sebagai kader bangsa, saya selalu siap kapan saja jika dibutuhkan. Bahkan saya siap mengabdi hingga akhir hayat," katanya. Dia pernah menjadi panglima TNI dengan Letnan Jenderal TNI (saat itu) Susilo Yudhoyono sebagai kepala staf teritorial TNI. 

Selain itu, lanjut dia, pengalaman sebagai pejabat di pemerintahan selama tiga periode presiden dinilai sudah cukup dalam memberikan saran dan sumbangsih terhadap pemerintah.

"Apalagi pribadi saya sebagai seorang muslim diajarkan oleh agama untuk tidak tinggal diam jika melihat ada sesuatu yang kurang tepat," katanya. 

Sementara itu, disinggung bakal calon wakil presiden yang mendampinginya, ia mengaku belum menentukannya dan masih akan melihat perkembangan peta politik hingga usai Pemilihan Legislatif 2014.

"Kalau sekarang belum saatnya membicarakan calon wakil presiden. Nanti setelah pemilihan legislatif, baru akan tahu sesuai perkembangan perpolitikan yang terjadi," ucap Wiranto.

Ketua DPD Partai Hanura Jawa Timur Kuswanto mengaku mendukung penuh pencalonan Wiranto sebagai presiden. Menurut dia, hasil Rapimnas di Jakarta pada awal 2012 sudah memberikan cukup bukti bahwa partai masih mempercayainya.

"Pimpinan partai se-Indonesia mutlak dan total mendukung Wiranto. Kami di daerah tentu akan solid dan mulai sekarang berkoordinasi demi kemenangan Wiranto menduduki kursi RI-1," kata dia. (*)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012