IMTC mencoba menggelar pertandingan di luar Pulau Jawa agar pemain dari semua daerah mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi petenis andalan
Jakarta (ANTARA) - Irawati Moerid Tennis Competition (IMTC) berkomitmen melakukan pemerataan kompetisi tenis di Indonesia, termasuk di Pulau Sumatra.

"Selama ini pertandingan tersentralisasi di Pulau Jawa, khususnya DKI Jakarta. Hal ini menimbulkan ketimpangan bagi anak-anak daerah di luar Pulau Jawa untuk dapat meraih prestasi menjadi bintang tenis Indonesia," kata Irawati dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA, Kamis.

"Alasan ini menjadikan IMTC mencoba menggelar pertandingan di luar Pulau Jawa agar pemain dari semua daerah mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi petenis andalan Indonesia di masa yang akan datang," ujar mantan petenis nasional Indonesia tersebut menambahkan.

Agenda terdekat turnamen di Pulau Sumatra adalah Kejurnas Yunior Piala Pelti Sumatera Barat di Lapangan Tenis Indoor dan Outdoor UNP di Padang, 1-6 Mei 2023.

IMTC, kata Irawati Moerid, makin semangat menggelar pertandingan di Pulau Sumatera, setelah kesuksesan Kejuaraan Nasional Tenis Junior IMTC Palembang Seri I dengan mendapat penilaian J3 dari Pengurus Pusat Persatuan Tenis Seluruh Indonesia (PP Pelti).

"Kami melanjutkan dengan siap menyelenggarakan Kejurnas Piala Pelti Sumatra Barat pada 1-6 Mei nanti," kata Irawati Moerid.

Selain kejuaraan di Palembang, Irawati juga mengatakan telah sukses menggelar Piala Panglima TNI di Jakarta pada 12-18 Maret dan mendapat penilaian cukup baik dari PP Pelti dengan level meningkat dari J3 di Palembang menjadi J2 di Piala Panglima TNI.

Baca juga: Kejurnas IMTC Piala Panglima TNI jadi wadah petenis junior asah diri

"Saya sangat senang sekali selaku penyelenggara, sebab otomatis para peserta IMTC mendapatkan poin yang tinggi dengan hasil level kejuaraan meningkat dari J3 ke J2 berdasar penilaian PP Pelti," kata Irawati.

"Bersyukur hal itu tertoreh sebagai History Making yang dibuat IMTC di Pulau Sumatera. Kami menjadi tambah bersemangat karena kerja keras dan jerih payah IMTC mendapatkan respon positif dari insan tenis di Tanah Air. IMTC sangat yakin prestasi tenis Indonesia akan dapat terus terjaga bahkan meningkat di masa mendatang," ujarnya menambahkan.

Hasil pertandingan IMTC Palembang Series di Jakabaring Sport City pada awal Maret 2023 dengan level J3 menjadi yang tertinggi untuk Kejurnas Tenis Yunior yang pernah dilaksanakan di Pulau Sumatera.

Pun demikian dengan Kejurnas Tenis Yunior Piala Panglima TNI di Jakarta yang tercatat masuk level J2, penilaian tertinggi dari PP Pelti bagi penyelenggara turnamen junior di Indonesia atau hanya kalah dari level J1 yang telah lekat menjadi beberapa Kejurnas Legend seperti Junior Wijoyo Suyono, Fiks, Thamrin dan Tugu Muda.

Baca juga: PP Pelti agendakan gelar 18 turnamen pada 2023

Pewarta: Muhammad Ramdan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2023