Istanbul (ANTARA) - Penyelenggaraan Pameran Produk Konsumen Internasional China (China International Consumer Products Expo/CICPE) ketiga dengan partisipasi global yang luar biasa telah membuktikan bahwa China akan memainkan peran yang lebih besar dalam dunia digital baru, ujar seorang analis Turki.

"Sejumlah institusi dan pemerintah global telah merevisi naik perkiraan pertumbuhan mereka untuk perekonomian China," kata Murat Tufan, seorang analis dari lembaga penyiaran Turki Ekoturk, kepada Xinhua dalam sesi wawancara belum lama ini.

Dia menyampaikan bahwa perekonomian China terus berkembang, menjanjikan prospek positif dan memikat perusahaan-perusahaan global yang berpengaruh untuk mengeksplorasi peluang bisnis dengan para mitra China mereka.

"Dalam kerangka pandangan optimistis ini, kita melihat banyak merek global yang berpengaruh di berbagai sektor, termasuk peralatan rumah tangga, fesyen, desain, dan otomotif, dalam pameran ini," ujarnya.
 
   Mengusung tema "Berbagi Peluang Terbuka, Bersama Ciptakan Kehidupan yang Lebih Baik" (Share Open Opportunities, Co-create a Better Life), CICPE ketiga dibuka pada Senin (10/4) di provinsi pulau Hainan, China selatan, memamerkan lebih dari 3.300 merek berkualitas tinggi dari 65 negara dan kawasan.   Pameran itu memiliki area ekshibisi seluas 120.000 meter persegi tahun ini, meningkat 20 persen dari edisi sebelumnya.


Tufan yakin perangkat teknologi berkualitas tinggi, aktivitas perdagangan elektronik (e-commerce) yang tersebar luas, serta produk-produk berkelanjutan dan ramah lingkungan akan merajai dunia yang baru, menciptakan individu-individu modern digital baru.

"Topik yang akan paling sering kita bahas dalam periode baru ini adalah pembuatan produk-produk yang lebih berkelanjutan yang menyebabkan lebih sedikit kerusakan pada alam, lingkungan, dan masyarakat, mengubah pola konsumsi lama," kata Tufan.

Menurut Tufan, pameran itu akan membantu merancang merek dan produk dengan instrumen-instrumen generasi baru bagi individu-individu modern sembari mengurangi ketergantungan pada bensin.
 
   Pameran itu memiliki area ekshibisi seluas 120.000 meter persegi tahun ini, meningkat 20 persen dari edisi sebelumnya


Pakar tersebut mengatakan bahwa produk-produk yang ditampilkan di pameran itu "melambangkan transformasi merek untuk memenuhi kebutuhan individu-individu baru, apa yang disebut sebagai masyarakat digital."

"Oleh karena itu, pameran itu sangat penting dari segi ini, dan saya menggambarkannya sebagai langkah menuju dunia yang lebih berkelanjutan ... dengan China yang akan menjadi pemain global yang lebih besar lewat digitalisasi," imbuh Tufan.

Dia menyatakan bahwa China memiliki teknologi yang solid dengan kemampuan dan pengetahuan produksi yang kuat. "Pameran ini membuktikan bahwa merek-merek internasional besar ingin melanjutkan kerja sama dengan China." 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2023