BI telah melayani kegiatan penukaran melalui Kas keliling di delapan dari dua belas lokasi yang berbeda
Serang (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) Perwakilan Banten menyiapkan uang tunai sebesar Rp3,6 triliun untuk memenuhi proyeksi kebutuhan uang termasuk penukaran uang pecahan selama periode Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M.

Kepala BI Kantor Perwakilan Banten imaduddin Sahabat di Serang, Kamis, mengatakan kebutuhan tersebut mengalami peningkatan sebesar 13 persen dibandingkan kebutuhan tahun sebelumnya yaitu Rp3,2 triliun.

"BI telah melayani kegiatan penukaran melalui Kas keliling di delapan dari dua belas lokasi yang berbeda," kata Imaduddin.

Ia menjelaskan lokasi tersebut yaitu Alun-alun Kota Serang, Bayah-Cipanas Kabupaten Lebak, Pasar TangCity Kota Tangerang, Cibaliung-Panimbang, di GOR Ciputat Tangerang Selatan, Pelabuhan Merak Cilegon, Pasar Cikupa Tangerang, dan di halaman Masjid Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B).

Selain itu, kata dia, masih ada empat lokasi penukaran yang akan dilakukan pihak BI bersama perbankan, di antaranya yaitu di Alun-alun Kota Cilegon pada 13 April 2023 (BJB, Mandiri, BSI, BTN dan BMI).

Baca juga: BI ajak warga Sumbar tukar uang baru di lokasi resmi

Baca juga: BI Sultra imbau pengguna QRIS perhatikan kebenaran data saat transaksi


Selanjutnya, di Jalan Tol Rest Area KM 42 (Arah Merak) pada 14 April, Alun-alun Rangkas Bitung 17 April (BJB, BNI, BWS dan BJB Syariah) dan Alun-alun Kabupaten Pandeglang 18 April 2023 (BJB, BNI, BWS dan BJB Syariah).

"Realisasi penukaran kepada masyarakat baik melalui mobil Kas keliling maupun loket BI
selama Ramadhan sebesar Rp35,31 miliar dan penarikan oleh perbankan sebesar Rp1,64 triliun atau 46 persen dari proyeksi yang disampaikan," katanya.

Imaduddin menuturkan uang yang paling banyak diminati masyarakat yaitu pecahan 10 ribu mencapai 33 persen dan 5 ribu 32 persen
dari total Uang Pecahan Kecil (UPK).

"Strategi yang dilakukan BI dalam rangka kelancaran kegiatan layanan penukaran yaitu berkoordinasi dengan perbankan dan BPR untuk membuka layanan penukaran kepada masyarakat serta menjaga kecukupan kas," ujar Imaduddin.

BI senantiasa mengajak masyarakat untuk selalu cinta, bangga dan paham rupiah, sesuai dengan tagline Ramadhan Tahun 2023 'Belanja Bijak',

"Pemilihan pesan ini selaras dengan aspek paham rupiah melalui perilaku belanja bijak sesuai kebutuhan guna menjaga stabilitas nilai rupiah," katanya.

Baca juga: BI Lampung:Sebanyak Rp2,6 triliun ke masyarakat lewat program Serambi

Baca juga: BI Papua Barat gelar Festival Ramadhan Manokwari 2023

Pewarta: Mulyana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023