Bandarlampung (ANTARA) - Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Lampung mengimbau pemudik untuk mengantisipasi sejumlah titik rawan macet di ruas jalan nasional pada periode mudik Lebaran 2023.

"Pada Lebaran 2023 ini pemudik juga hendaknya mengantisipasi beberapa titik yang rawan kemacetan dan kecelakaan di ruas-ruas jalan nasional," ujar Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) Rien Marlia, di Bandarlampung, Sabtu.

Ia memaparkan untuk ruas jalan nasional yang sering menjadi titik kemacetan meliputi akses jalan nasional ke Pelabuhan Bakauheni, yang biasanya terjadi penumpukan kendaraan akibat antrean kapal. Lalu di Pasar Bakauheni KM 86+300, Pasar Pematang Pasir di ruas jalan Lintas Timur.

"Simpang Sribawono, Pasar Sribawono di Lampung Timur, Pasar Way Jepara, tempat wisata Pantai Pasir Putih, Pasar Natar di Lampung Selatan, Pasar Bandar Jaya dan Exit Tol Gunung Sugih," katanya.

Baca juga: Menteri PPPA minta sediakan tempat duduk hingga lampu bagi pemudik

Dia melanjutkan kemacetan juga sering terjadi di ruas jalan Gerbang Keluar Tol Terbanggi Besar dan Simpang Tiga Terbanggi Besar, Pasar Unit II Tulang Bawang, Pasar Kedondong, Gedong Tataan, Pasar Gadingrejo, Pasar Pringsewu, lampu merah Kota Agung, dan Pasar Krui.

Selanjutnya Simpang tiga Gunung Kemala, Simpang Terbanggi Besar, Tugu Payan Mas Kota Bumi, Pasar Baradatu, Pasar Bukit Kemuning, Pasar Fajar Bulan, dan Pasar Sekincau.

"Memang sebagian besar ruas jalan nasional yang menjadi titik rawan kemacetan adalah dampak dari pasar yang berada di tepi jalan. Jadi pengguna kendaraan harus tetap waspada," tambahnya.

Tanggapan atas adanya sejumlah titik rawan kemacetan tersebut dikatakan oleh salah seorang pengguna jalan nasional di Lampung, Arif Mohammad.

"Sebenarnya setiap hari melalui beberapa jalan nasional, salah satunya karena saya bekerja di Bandarlampung dan kampung halaman ada di Bengkulu sering lewat sekitar Pasar Natar setiap kali pulang kampung," ujar Arif.

Ia mengatakan dengan adanya sejumlah titik rawan macet terutama di dekat pasar tradisional, diharapkan pihak terkait dapat menata kembali lokasi agar tidak mengganggu kenyamanan pengguna jalan terutama saat arus mudik dan arus balik Lebaran.

"Harapannya bisa kembali ditata, jadi nyaman. Dengan adanya informasi titik rawan macet bagi pemudik ini sangat membantu, sebab kita bisa antisipasi awal kalau bisa cari rute lain untuk menghindari macet saat perjalanan," tambahnya.

Baca juga: Kapal penyeberangan Jepara-Karimunjawa tetap beroperasi selama Lebaran

Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023