Karimun (ANTARA News) - Sebanyak 3.474 paket sembako murah yang disediakan sejumlah badan usaha milik negara (BUMN) dibagi-bagikan kepada warga masyarakat empat kecamatan di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau mulai Selasa selama tiga hari.

"Bazar sembako murah dilaksanakan tiga hari yang dimulai di Kecamatan Kundur Barat hari ini, Karimun dan Tebing Rabu besok dan Kecamatan Durai pada Kamis," kata koordinator lapangan yang juga Wakil Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Provinsi Kepulauan Riau Amat Tantoso di Tanjung Balai Karimun, Selasa.

Amat Tantoso menjelaskan bazar sembako murah tersebut merupakan program Kementerian Badan Usaha Milik Negara dengan tujuan untuk membantu masyarakat dalam mendapatkan sembako dengan harga relatif lebih murah.

"Sasaran bazar sembako murah itu adalah warga dari kalangan ekonomi lemah. Program ini didanai dengan dana `corporate social responsibility` sejumlah perusahaan BUMN," katanya.

General Manager PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Tanjung Balai Karimun Agastiyan Kenanga Bumi menjelaskan Kecamatan Kundur Barat mendapat jatah 1.252 paket sembako murah, Kecamatan Karimun 763 paket, Tebing 763 dan Durai sebanyak 723 paket.

"Paket sembako murah itu terdiri atas 8 kilogram beras, satu kilogram gula pasir dan satu liter minyak goreng. Nilainya sekitar Rp100.000 yang disubsidi oleh BUMN sebesar 70 persen. Sedangkan harga tebus masyarakat sebesar 30 persen atau Rp30.000," jelasnya.

Menurut Agastiyan pelaksanaan bazar murah tersebut merupakan yang kedua setelah kegiatan yang sama juga telah digelar di beberapa kecamatan menjelang Idul Fitri yang lalu.

"Tujuannya untuk meringankan warga dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari," katanya.

Mengenai teknis pelaksanaannya, lanjut dia, dikerjasamakan dengan Kadin dan pemerintah daerah setempat sehingga penerima paket sembako tersebut benar-benar berasal dari kalangan masyarakat kurang mampu. (RDT/M019)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2012