Dinas Pariwisata akan melakukan monitoring bersama tim gabungan selama libur Idul Fitri di tempat objek wisata yang ada
Pasaman Barat, Sumbar (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, mengandalkan objek wisata pantai menyambut para perantau dan wisatawan saat libur Lebaran 2023.
 
"Wisata pantai masih destinasi andalan Pasaman Barat hingga saat ini. Penampilan seni budaya dan hiburan akan menghibur para perantau yang mudik," kata Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky H Sahputra di Simpang Empat, Jumat.
 
Ia mengatakan ada sejumlah pilihan destinasi wisata bagi masyarakat yang ingin berlibur ke Pasaman Barat. Pertama, destinasi wisata Pantai Air Bangis.
 
Pantai ini berada di Kecamatan Sungai Beremas yang berjarak sekitar 70 kilometer dari Ibu Kota Pasaman Barat, Simpang Empat.
 
Selain bisa menikmati keindahan pantai, lokasi ini juga menawarkan pusat kerajinan ibu-ibu berupa sulaman benang emas dan pengolahan ikan asin.
 
Objek wisata kedua adalah Pantai Sasak dengan pilihan Pohon Seribu dan Pantai Indah Maligi.

Baca juga: Tiga objek wisata di Pasaman Barat siap gelar pesta seni budaya

Baca juga: Pengunjung pusat perbelanjaan di Pasaman Barat naik jelang Lebaran
 
Lokasi ini berada di Kecamatan Sasak Ranah Pasisia yang berjarak sekitar 20 kilometer lebih dari Simpang Empat.
 
Pantai ini selalu padat dikunjungi masyarakat setiap hari libur. Objek Wisata Pohon Seribu menjadi lokasi andalan Pasaman Barat saat ini karena selalu ramai dikunjungi dengan hamparan pohon mahoni di tepi pantai yang indah.
 
Di lokasi ini wisatawan juga bisa menikmati wisata kuliner dengan ciri khasnya gulai sabo. Begitu juga di Pantai Indah Maligi.
 
Dengan pantai yang asri, landai dan hamparan pohon kelapa dan rumput menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung potensi objek wisata pantai.
 
Pantai indah Maligi memiliki potensi wisata yang indah dan kawasan konservasi lingkungan dan konservasi penyu.
 
Kemudian objek wisata Religi Lubuak Landua. Lokasi ini berada di Kecamatan Pasaman yang berjarak sekitar 15 kilometer dari Simpang Empat.
 
Di lokasi ini selain wisata religi, masyarakat juga bisa menikmati mandi di sungai dan melihat ikan larangan.
 
Objek wisata Pulau Panjang dan Pulau Pigago yang berada di Kecamatan Sungai Beremas memiliki pantai yang indah dan selalu ramai dikunjungi masyarakat.
 
Objek wisata lainnya ada Lubuk King Ujung Gading, Sampuran Botung, Lubang Jepang Talu, Rumah Gadang Tuanku Bosa Talu, Pantai Sikabau dan Pantai Muaro Binguang.
 
Ia menekankan kepada pengelola agar mengedepankan keramahtamahan dan tidak melakukan pungutan-pungutan yang tidak jelas agar pengunjung nyaman.
 
"Kami dari Dinas Pariwisata akan melakukan monitoring bersama tim gabungan selama libur Idul Fitri di tempat objek wisata yang ada," tegasnya.

Baca juga: Sebanyak 1.233 ton ikan dari Pasaman Barat diekspor ke Malaysia

Baca juga: Pemkab Pasaman Barat adakan pangan murah bersubsidi selama ramadhan
 
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023